RI : Bangkitkan Ekonomi Libatkan Asosiasi Bisnis

RI : Bangkitkan Ekonomi Libatkan Asosiasi Bisnis

Jakarta - Dalam membangkitkan gairah ekonomi di Indonesia di tengah adanya tantangan ekonomi global , Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia meminta kepada pemerintah untuk lebih sering melibatkan‎ asosiasi-asosiasi bisnis di Indonesia.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Koordinator Asosiasi, Noke Kiroyan menegaskan, apa yang menjadi misi pemerintah saat ini sesuai dengan tujuan setiap asosisasi bisnis dimana untuk memperjuangkan dan mengembangkan iklim usaha yang terkait dengan sektor usaha dan aspirasi masing-masing anggotanya.

"Kami harap pemerintah dapat memberdayakan seluruh potensi bangsa yang dimiliki agar mampu berperan dan berpartisipasi aktif mendorong terjadinya pertumbuhan ekonomi secara optimal, untuk itu asosiasi-asosiasi bisnis perlu dilibatkan secara aktif untuk turut menggerakkan roda perekonomian," papar Noke di Hotel Grand Kemang, Jakarta, Rabu (16/9/2015).

Noke menambahkan selama ini asosiasi memiliki peran penting dalam upaya meningkatkan kinerja anggotanya dengan mewujudkan iklim usaha yang kondusif, membuka peluang dan mengembangkan usaha anggotanya.

Maka dari itu setiap saat Kadin juga mendiring asosiasi untuk mampu menginisiasi, memfasilitasi, dan mendorong terjadinya transaksi bisnis.

Dikatakan Noke, jika seluruh asosiasi mampu menjalankan fungsi tersebut otomatis‎ kegiatan bisnis akan meningkat dans ecara langsung berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi nasional dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Dalam kondisi seperti sekarang ini, sudah ada saatnya mewujudkan kerjasama dan sinergi antar asosiasi, dimulai dengan mengidentifikasi peluang apa saja yang dapat dikerjasamakan sesuai dengan ruang lingkup bisnis masing-masing asosiasi," papar Noke.

Menurut Noke, kegiatan usaha sendiri sesungguhnya memiliki keterkaitan antar satu sektor usaha dengan sektor usaha lainnya. Billa kerjasama antar asosiasi bisnis ini dapat terjalin dengan kuat, maka dapat dipastikan akan mampu memberi multiplyer effect yang besar tidak terbatas pada para pelaku usaha tersebut, tetapi juga terhadap ekonomi bansa secara umum.

"Kadin sebagai induk dari wadah organisasi dunia usaha akan terus mendorong agar kerjasama di antara asosiasi-asosiasi bisnis bisa menjadi lebih baik," tutup dia.