RI Bikin Sejarah Transportasi Bawah Tanah

RI Bikin Sejarah Transportasi Bawah Tanah

WinNetNews.com - Presiden Joko Widodo bangga dengan dimulainya pembangunan transportasi massal bawah tanah pertama di Indonesia, yaitu Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta.

Jokowi meninjau langsung pengeboran terowongan MRT Jakarta di Patung Pemuda, Senayan, Jakarta Selatan, hari ini. Indonesia akan mencetak sejarah baru dengan hadirnya MRT yang targetnya tuntas 2018.

Baca juga: BOR RAKSASA AKAN LUBANGI SUDIRMAN HINGGA THAMRIN

"Ini adalah peradaban baru, kita memasuki peradaban baru, peradaban transportasi massal di bawah tanah, ini sejarah, oleh sebab itu harus dilihat betul dan saya senang," ujar Jokowi di lokasi pengeboran terowongan MRT Jakarta, di Patung Pemuda, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (8/10/2015).

"Saya senang sekali pekerja di sini banyak sekali transfer of knowledge, transfer of technology, ini juga memberikan wawasan baru bagi tenaga ahli kita, insinyur kita," katanya.

Jokowi ingin proses pengerjaan MRT ini harus dipantau dengan teliti termasuk target pengeboran sehingga penyelesaiannya bisa sesuai target.

"Termasuk regulasi-regulasi juga ini semuanya baru, karena memang ruang bawah tanah seperti apa, ini sekali lagi sejarah jadi saya ingin pekerjaan subway MRT betul-betul tidak ada masalah," ucapnya.

Saat ini, Jokowi menyebutkan, bor raksasa bernama Tunnel Boring Machine (TBM) tersebut sudah berhasil melubangi sepanjang 12 meter, dari bawah Jalan Jenderal Sudirman menuju Jalan MH Thamrin.

Baca juga: BAGAIMANA CARA KERJA BOR ANTAREJA.?

Menurut rencana, dalam sehari bor raksasa ditargetkan punya kecepatan hingga 8 meter.

"Ini tadi sudah dapat dua belas meter jadi memang cepat sekali. Nanti per hari bisa berapa? Per hari bisa jadi terowongan 8 meter, cepat banget. Tadi saya tanya ke Pak Dirut MRT (Dono Boestami), semuanya masih on schedule," tandasnya.