Ribet Pindah-pindah dari Windows ke Android? Ini Cara Mudah agar Lebih Peraktis

Ribet Pindah-pindah dari Windows ke Android? Ini Cara Mudah agar Lebih Peraktis

Jumat, 10 Mar 2017 | 18:15 | Ahmad Mashudin

WinNetNews.com - Kita pasti pernah punya keinginan membuka aplikasi Windows untuk meneruskan pekerjaan di PC kita dengan smartphone Android. Atau kita kadang bingung, bagaimana caranya membuka aplikasi Windows di Chromebook? Daripada pusing bolak-balik mengerjakan sesuatu di laptop pindah ke smartphone kemudian pindah lagi ke notebook, ternyata ada cara yang sangat mudah untuk mewujudkannya. Yaitu dengan aplikasi remote dekstop!

Kita tidak perlu mencari-cari emulator untuk menginstall aplikasi, kemudian membuka file, mengedit dan menyimpan pekerjaan kita dua kali (di PC dan di smartphone/chromebook). Aplikasi remote dekstop akan secara otomatis mengintegrasi kegiatan kita di kedua perangkat.

Tetapi tentu saja, syaratnya pastikan semua perangkat harus terhubung ke jaringan internet, ya!

Banyak layanan remote dekstop yang beredar dan diperkenalkan di internet. Tetapi untuk lebih praktisnya, kita pakai punya Google saja, yaitu Chrome Remote Dekstop. Ini bukan hanya berlaku untuk Android, dan Chrome OS. Bagi pengguna iOS dan Mac pun bisa menggunakan Chrome Remote Dekstop untuk dapat terhubung ke PC Mac serta membuka aplikasi di dalamnya dengan iPhone atau Android.

Langkah pertama, persiapkan software yang dibutuhkan. Download Chrome Remote Dekstop di laman Chrome Web Store untuk komputer sahabat. Kemudian install dan sesuaikan setting remote dekstop berdasarkan kebutuhan. Kita ingin menghubungkan aplikasi di dalamnya berdasarkan tampilan asli layar komputer atau hanya mengakses isinya saja.

Kemudian, kita akan dimintai izin untuk mengakses PC tersebut secara remote atau dari jarak jauh. Kemudian isi kode PIN sesuai kehendak kamu. PIN ini nantinya akan digunakan ketika ingin menghubungkan PC ke smartphone atau Chromebook.

Setelah itu, install aplikasi Chrome Remote Dekstop di Play Store untuk smartphone atau Chromebook yang ingin kita hubungkan. Kemudian kita bisa leluasa menggunakan PC dari jarak jauh dengan aplikasi tersebut setelah memasukkan PIN. Yang perlu diperhatikan adalah, kita harus menggunakan akun Google yang sama di PC dan smartphone atau Chromebook yang ingin kita hubungkan.

Jadi siapa bilang kita tidak bisa mengedit video berat dengan Chromebook, atau membuka proyek aplikasi Windows kita di smartphone Android? Inilah cara paling mudah untuk mewujudkannya. Selamat mencoba!

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...