Ribuan Aplikasi Andorid Jebol Data Pribadi Pengguna

Daniel
Daniel

Ribuan Aplikasi Andorid Jebol Data Pribadi Pengguna Ilustrasi

Winnetnews.com - Pada jaman serba modern dan serba cepat, kebutuhan akan smartphone dan aplikasi penunjang di dalamnya semakin hari semakin penting. Namun, tahukah Anda jika ada ribuan aplikasi yang diam-diam “menjebol” data pribadi si pengguna?

Menurut tim peneliti dari International Computer Science Intitute ada total 1,325 aplikasi Android yang secara diam-diam tanpa izin menyimpan data pengguna ponsel. Para pengembang aplikasi tersebut diduga tidak mematuhi aturan dari Google soal larangan untuk mengumpulkan data pribadi jika si pengguna tidak memberikan permission atau izin.

Lalu data seperti apa yang disimpan oleh aplikasi tersebut? Seperti yang dikutip dari CNN, data yang dikumpulkan yakni berupa koordinat GPS, alamat MAC, jaringan WiFi. Selain itu alamat email, nomor ponsel, nomor IMEI, hingga nomor kartu SIM juga termasuk yang diam-diam diakses.

Aplikasi yang kedapatan melakukan hal tersebut adalah Shutterfly dan Hong Kong Disneyland. Tim peneliti sudah melaporkan hal tersebut kepada Google. Diharapkan nantinya sistem operasi terbaru Android yakni Android Q bisa menangani berbagai masalah tersebut. Ada jutaan pengguna yang terdampak akibat kecurangan ribuan aplikasi tersebut.

“Praktik penipuan ini membuat pengembang aplikasi bisa mengakses data pribadi tanpa izin pengguna, mengganggu privasi dan menimbulkan masalah hukum dan etika,” kata tim peneliti.

Apa Reaksi Kamu?