Ribuan Kendaraan Masuki Kendal dari Arah Batang, Ini Antisipasi Aparat Setempat

Zulkarnain Harahap
Zulkarnain Harahap

Ribuan Kendaraan Masuki Kendal dari Arah Batang, Ini Antisipasi Aparat Setempat Kemacetan depan alun-alun Kendal/Foto: Istimewa

WinNetNews.com - Menjelang Hari Raya Lebaran 2017, arus mudik di Kabupaten Kendal padat bahkan bisa dikatakan mendekati macet. Ribuan kendaraan memasuki Kendal dari arah Batang. Arus mudik itu masih didominasi kendaraan roda empat. Petugas akhirnya harus menerapkan pola 3:1 untuk mengurai kemacetan.

"Jumlah kendaraan yang melintas pada Jumat (23/06/2017) meningkat sebanyak 2.076 kendaraan/jam dibanding Kamis (22/06/2017) yang tercatat 5.280 kendaraan/jam. Arus mudik masih didominasi kendaraan roda empat,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Kendal, Moh Toha, seperti dikutip dari pernyataan resmi, Jumat (23/06/2017).

Ia menguraikan jumlah kendaraan yang melintas mencapai 7.356 kendaraan per jam. Padahal kapasitas jalan hanya 7.846 kendaraan. Dengan demikian menyebabkan ketersendatan arus lalu lintas. Ia juga memprediksi puncak arus mudik terjadi pada Jumat dan Sabtu (23 dan 24/06/2017).

“Kami harus menerapkan pola 3-1. Arah lalu lintas dari barat kami jadikan tiga lajur,” ujarnya.

Salah seorang pengguna jalan, Unggul mengaku terjebak kemacetan sejak dari Weleri hingga Kendal. Jarak Weleri-Kendal yang pada hari biasa cukup ditempuh dengan waktu sekitar 25 menit, tetapi siang tadi harus berjibaku dan sekitar satu jam baru sampai Kendal.

Apa Reaksi Kamu?