Rica Aktif di Gafatar Sejak Kuliah di Yogyakarta

Rica Aktif di Gafatar Sejak Kuliah di Yogyakarta

Rabu, 13 Jan 2016 | 13:44 | kontributor
WinNetNews.com - Polda DIY mendalami keterlibatan rombongan dr Rica Tri Handayani dengan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar). Namun telah diketahui ketiganya memang aktif di ormas tersebut.

"Eko dan Veny memang aktif di Gafatar. Rica dan Veny sudah lama memang aktif di Gafatar, sejak kuliah dulu di Yogyakarta. Sama ada juga dokter di Kartasura, dia pergi juga," kata Direskrimum Polda DIY Kombes Pol Hudit Wahyudi.

Baca juga artikel: Bibit Samad Riyanto Pernah Jadi Dewan Pembina Gafatar

Hal ini disampaikan Hudit kepada wartawan di kantornya, Polda DIY, Ring Road Utara, Sleman, Selasa (12/1/2016). Meski begitu Hudit belum bisa menjelaskan hubungan kepergian rombongan Rica dkk dengan dokter di Kartasura.

Dia menilai pola rekrutmen ormas ini sifatnya tertutup dan menjaring anggotanya dari kalangan terdekat yakni keluarga.

"Lewat jaringan orang-orang terdekat. Misalnya istri karena suaminya aktif di sana, melalui saudara-saudaranya. Orang tuanya mengajak anak," ulas Hudit.

Saat ditanyai soal adanya camp khusus untuk anggota Gafatar di kawasan Pangkalan Bun, Hudit tak menjawabnya dengan rinci.

"Camp apapun itu pasti ada tujuan tertentu. Kita belum tahu itu untuk apa. Ibarat kado, dibungkus dengan berbagai macam, isinya hanya satu yaitu sesat," katanya.

Hilangnya sejumlah orang terkait Gafatar tak cuma terjadi di DIY, tapi juga Jawa Tengah, Jatim, dan daerah lain. Markas organisasi ini di sejumlah daerah kosong dalam beberapa waktu terakhir. Keberadaan mereka dianggap ilegal karena tak memiliki izin.

(Dilansir dari situs Detik)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...