(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ridwan Kamil Akan Hidupkan Kembali Jalur Kereta ke Kawasan Wisata

Rusmanto
Rusmanto

Ridwan Kamil Akan Hidupkan Kembali Jalur Kereta ke Kawasan Wisata ilustrasi

WinNetNews.com - Kawasan wisata Pangandaran dan Kawah Putih di Jawa Barat akan punya akses kereta. Paling cepat, proses reaktivasi jalur kereta ke kawasan ini dimulai 2019.

Humas PT KAI (Persero) Agus Komarudin mengatakan, ada 4 jalur lama di Jawa Barat yang akan diaktifkan kembali. Proses reaktivasi terhadap empat jalur lama ini tidak dilakukan secara berbarengan. Yang akan dimulai lebih dulu tahun depan adalah jalur Cibatu-Garut- Cikajang.

"Sesuai dengan Pak Ridwan Kamil (Gubernur Jabar), dari Cibatu-Garut-Cikajang, kalau memang tidak ada kendala kan menurut beliau (proses reaktivasi) bisa tahun depan ya yang jalur Cibatu-Garut-Cikajang," katanya kepada detikFinance, Jakarta, Kamis (13/9/2018).

Jalur tersebut dipertimbangkan untuk lebih dulu dilakukan reaktivasi, karena menurut Agus lebih mudah dibandingkan ketiga jalur lainnya.

"Karena jalurnya masih mulus, utuh, artinya hanya ada beberapa memang bangunan bangunan liar, tidak terlalu banyak," sebutnya.

Sedangkan jalur kereta Bandung-Ciwidey yang juga akan diaktifkan kembali, kondisinya lebih sulit.

"Beda dengan jalur antara Bandung dengan Ciwidey, itu ke sana sudah dibangun oleh masyarakat bangunan tidak permanen. Ini jadi persoalan dalam hal penertiban," tambahnya. (detikcom)

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});