(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ridwan Kamil Dianugerahi 'Fellowship' Selandia Baru

Yudha Raditya
Yudha Raditya

Ridwan Kamil Dianugerahi 'Fellowship' Selandia Baru
WinNetNews.com – John Key, Perdana Menteri Selandia Baru, mengumumkan bahwa negaranya akan membentuk Program ‘Fellowship’ Perdana Menteri untuk ASEAN. Lima belas perwakilan dari sepuluh negara Persatuan Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) akan mengunjungi Selandia Baru dalam kurun waktu lima tahun ke depan.

Key menyatakan bahwa, Mochamad Ridwan Kamil, Wali Kota Bandung, Jawa Barat, akan menjadi salah satu penerima pertama ‘Fellowship’ Perdana Menteri untuk ASEAN dan akan mengunjungi Selandia Baru pada tahun 2016.

Tahun ini Selandia Baru merayakan 40 tahun hubungan diplomatik dengan ASEAN, sebuah mitra kunci di kawasan ini.

Pemerintah Selandia Baru sedang bekerja keras untuk mengembangkan hubungan Selandia Baru yang semakin bernilai dengan ASEAN, dan pengumuman yang disampaikan kemarin itu akan mendorong berbagai upaya secara signifikan.

“Ridwan Kamil, salah satu pemimpin Indonesia yang paling inovatif, akan mengunjungi Selandia Baru sebagai tamu Perdana Menteri,” ujar Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia, Trevor Matheson, dalam keterangan tertulis yang diterima Sindonews, Senin (23/11/2015).

“Cara yang dipakai Ridwan Kamil dalam menerapkan berbagai prinsip ‘smart cities’ agar Bandung dapat berkembang secara berkelanjutan memiliki banyak kemiripan dengan pembangunan dan berbagai inisiatif perencanaan perkotaan Selandia Baru,” lanjut Dubes Matheson.

Program ‘Fellowship’ Perdana Menteri untuk ASEAN adalah satu bagian dari sebuah investasi signifikan yang Selandia Baru sedang lakukan untuk memperdalam hubungannya dengan ASEAN selama lima tahun ke depan.

Key memperkenalkan program ‘Fellowship’ ini sebagai bagian dari sebuah pengumuman bahwa hubungan resmi Selandia Baru dengan ASEAN akan ditingkatkan dari Kemitraan Luas menjadi Kemitraan Strategis di Pertemuan Tingkat Tinggi ASEAN-NZ di Kuala Lumpur kemarin. Indonesia akan menjadi koordinator Selandia Baru untuk ASEAN selama tiga tahun ke depan.

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});