(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ridwan Kamil Minta Kebun Binatang Bandung Diaudit

Rusmanto
Rusmanto

Ridwan Kamil Minta Kebun Binatang Bandung Diaudit
WinNetNews.com - Nyawa Gajah Sumatera bernama Yani yang menghuni Kebun Binatang Bandung tak terselamatkan. Sebelum ajal menjemput, gajah betina tersebut selama sepekan sekarat. Buntut kematian Yani, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil segera mengadu kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

"Saya akan menyurati Kementerian LHK. Karena izin operasional kebun binatang itu dari kementerian," kata Emil, sapaan karib Ridwan, saat ditemui wartawan di gedung DPRD Kota Bandung, Jalan Sukabumi, Kamis (12/5/2016).

Emil menegaskan, tujuan berkoordinasi dengan Kementerian LHK, selaku pemberi izin operasional kebun binatang, merupakan salah satu bentuk langkah hukum Pemkot Bandung terhadap pengelola Kebun Binatang Bandung. Selain itu, Emil secepatnya mengirimkan tim ke Jakarta untuk mengevaluasi persoalan layak atau tidak layaknya Kebun Binatang Bandung yang selama ini dikelola pihak swasta kepada Kementerian LHK.

"Saya meminta Kementerian LHK untuk mengaudit (Kebun Binatang Bandung). Audit itu merupakan langkah hukum. Sehingga opini bahwa layak atau tidak layaknya itu jangan hanya dari sisi penglihatan visual saja. Tapi memang audit dari yang memberi izin, maka minta auditnya ke Kementerian LHK," tutur Emil.

Dia menjelaskan, pencabutan izin operasional Kebun Binatang Bandung bukan tanggung jawab Pemkot Bandung, tapi kewenangannya Kementerian LHK. "Kalau ternyata kata kementerian masih oke, ya kita terima apa adanya," ucap Emil.

disadur dari situs detik news

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});