Rima Melati Meninggal Dunia Lantaran Idap Dekubitus, Apakah Itu?

Rusmanto

Dipublikasikan 2 hari yang lalu • Bacaan 1 Menit

Rima Melati Meninggal Dunia Lantaran Idap Dekubitus, Apakah Itu?
detikcom

Winnetnews.com -  Artis senior Rima Melati meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto. Diketahui, ia sempat masuk ICU sebelum meninggal lantaran mengidap dekubitus.

"Kondisinya memang drop, fisiknya lebih kurus dari sebelumnya," kata Widyawati, dikutip dari detikHot, Kamis (23/6/2022).

"Itu karena dekubitus. Jadi luka yang di belakang, yang biasanya kalau kita terlalu lama tidur itu yang membuat luka. Akhirnya itu jadi kemana-mana," jelas Widyawati.

Apa itu dekubitus?

Dikutip dari laman Healthline, Kamis (23/6), ulkus dekubitus atau luka berbaring adalah cedera pada kulit dan jaringan di bawahnya akibat tekanan yang berkepanjangan pada kulit. Kondisi ini terjadi akibat luka terbuka pada kulit yang disebabkan oleh tekanan konstan dalam waktu lama ke area tubuh tertentu.

Ulkus dekubitus juga berisiko pada orang yang mengidap suatu penyakit hingga menyebabkan gerak tubuhnya terbatas. Pasien yang berbaring di tempat tidur atau duduk di kursi roda dalam waktu yang lama, sehingga ada bagian-bagian tubuh yang terus-menerus mengalami penekanan dan muncul luka.

Dekubitus sering terjadi pada kulit yang menutupi daerah tulang. Adapun tempat yang paling umum terjadi ulkus dekubitus, yaitu:

  • Panggul
  • Punggung
  • Pergelangan kaki
  • Pantat

Gejala dekubitus

Beberapa gejala dekubitus atau luka baring, seperti:

  • Perubahan warna atau tekstur kulit yang tidak biasa - Pembengkakan
    Muncul cairan seperti nanah
  • Area kulit yang terasa lebih dingin atau lebih hangat saat disentuh daripada area lain
    Terasa nyeri saat disentuh
  • Tingkat kerusakan kulit dan jaringan dikategorikan dalam dekubitus adalah kulit merah, kulit yang tidak rusak hingga cedera dalam yang melibatkan otot dan tulang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Rima Melati Idap Dekubitus Sebelum Meninggal, Kondisi Apa Itu?"


 

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...