RIP Microsoft Paint, Pengabdianmu Akan Selalu Diingat

RIP Microsoft Paint, Pengabdianmu Akan Selalu Diingat

Selasa, 25 Jul 2017 | 18:00 | Ahmad Mashudin

WinNetNews.com - Salah satu software legendaris pada sistem operasi Windows milik Microsoft adalah MS Paint, software yang telah hadir selama 32 tahun tersebut kini dikabarkan akan segera dihapus pada sistem operasi terbaru milik Microsoft. Meskipun software MS Paint ini jarang ada orang yang menggunakannya, tetapi software ini telah menghiasi para pengguna PC sejak kemunculannya, karena kebebasan pengguna untuk menciptakan suatu imajinasi dalam komputer.

Microsoft telah mengatakan bahwa pihaknya kini tidak lagi mengembangkan MS Paint dan rencananya software tersebut akan segera dihapus, meskipun belum diketahui apakah penghapusan tersebut akan dimulai dari update Windows 10 Fall Creators yang diprediksi akan segera hadir pada musim gugur tahun ini.

MS Paint sendiri telah dirilis pada tahun 1985 dengan versi pertama untuk Windows 1.0. Program tersebut telah mendapatkan penambahan fitur baru pada setiap update sistem sampai Windows 10.

Lewat akun Twitter resmi Microsoft, pihaknya telah mengumumkan bahwa keputusan untuk menghapus MS Paint tidak dihilangkan begitu saja. Melihat feedback yang diberikan oleh para pengguna diseluruh dunia, MS Paint akan tetap tersedia meskipun tidak akan ada lagi dalam sistem Windows namun penggunanya bisa mendapatkannya lewat Windows Store secara gratis.

Penggunaan MS Paint sendiri tidak hanya untuk membuat gambar, tetapi juga dapat digunakan untuk meng-crop dan me-resize gambar dengan mudah, dimana fitur kemudahan ini tidak akan dapat ditemukan pada aplikasi edit foto yang dimiliki third party. Akhir tahun lalu, Microsoft telah mengumumkan bahwa lebih dari 100 juta pengguna setiap bulannya masih menggunakan MS Paint.

Meskipun kabar dihapusnya MS Paint dalam sistem Windows merupakan kabar duka bagi para penggunanya, akan tetapi sepertinya Microsoft juga telah menyiapkan penggantinya yakni Paint 3D dimana software tersebut akan segera tersedia secara cuma-cuma pada update Windows 10 Creators. Kabarnya software Paint 3D ini akan memiliki beberapa fitur sama seperti MS Paint, tetapi dengan terdapat fitur 3D didalamnya

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...