Riset: Aroma Pohon Pinus Ternyata Bisa Usir Stres
Ilustrasi: Jooinn

Riset: Aroma Pohon Pinus Ternyata Bisa Usir Stres

Minggu, 22 Des 2019 | 11:30 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Ketika jalan-jalan ke hitan pinus, kamu mungkin akan merasakan kesejukkan dan kesegaran yang berbeda. Terlebih jika mengelilingi hutan pinus dalam kondisi pasca-hujan, udara akan terasa lebih nyaman dan segar. Kamu tentu sadar bahwa aroma hutan pinus sangat berbeda dengan aroma pekotaan.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa aroma pinus ternyata memiliki efek relaksasi dan bisa mengurangi tingkat kecemasan pada tubuh seseorang. Riset ini dipublikasikan dalam Jurnal PubMed Central Public Health dan digagas sejak 2007 lalu.

image0
Ilustrasi: Stocksy United

Para peneliti di Jepang menyebut bahwa orang yang gemar berkeliling atau berjalan-jalan di hutan pinus diketahui memiliki tingkat depresi dan stres yang jauh lebih rendah dari sebelumnya. Mereka juga mengungkapakan bahwa orang dengan perasaan cemas menjadi lebih tenang setelah bersantai sejenak untuk menikmati aroma pohon pinus.

Para peneliti dari Jepang ini kemudian menyarankan orang untuk setidaknya berjalan-jalan ringan ke hutan pinus sebagai terapi kesehatan untuk menjaga kadar stres dalam tubuh agar tetap rendah.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...