Riset Buktikan Risma Wali Kota Paling Populer di Media Online
Tri Rismaharini (foto: Jawa Pos)

Riset Buktikan Risma Wali Kota Paling Populer di Media Online

Minggu, 29 Des 2019 | 11:26 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Indonesia Indicator (I2) merilis hasil riset yang salah satunya menempatkan Wali Kota Surabaya Rismaharini" onclick="ga('send', 'event', 'Tag', 'Click', 'Tag Tri Rismaharini');">Tri Rismaharini atau biasa dikenal dengan Risma, sebagai wali kota yang paling banyak dimuat di media online sepanjang tahun 2019. Lebih lanjut, Dalam penelitian ini, I2 menggunakan piranti lunak artificial intelleigent.

Hasilnya, ada 10 nama bupati dan wali kota yang menguasai pasar pemberitaam (terpegah) dan paling banyak dikutip pernyataannya (tervokal) di 4.019 media daring Indonesia sepanjang 2019. Tris Rismaharini ditulis dalam 15.571 berita.

“Selama 2019, Risma tampak menonjol dibandingkan wali kota-wali kota lain,” ujar Direktur Komunikasi I2 Rustika Herlambang, dilansir dari Tempo, Minggu (29/12).

image0
Aksi Risma pantau pemadaman kebakaran di sebuah toko elektronik (foto: Tribunnews.com)

Menurut Rustika, wali kota terpegah tidak melulu harus memberikan pernyataan di media, atau dengan posisi lain wali kota termasyhur merupakan objek pemberitaan. Nama Risma banyak disorot sehubungan dengan kondisi kesehatan dan wacana sebagai calon menteri sebelum Jokowi melantik para menterinya. Prestasi dan penghargaan kepada Risma konsisten diberitakan.

Posisi kedua ditempati Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Akhyar Nasution  yang ditulis 7.484 berita, disusul Wali Kota Pekanbaru Firdaus dalam 6.227 berita, kemudian Wali Kota Bandung Oded M Danial di posisi keempat  dengan 5.659 berita.

Di posisi kelima, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany (5.585 berita), lalu Wali Kota Bogor Bima Arya (5.152 berita), Wali Kota Semarang Hendar Prihadi (5.147 berita), Wali Kota Tangerang Arief Rachadionon (4.904 berita), Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo (4.378 berita) dan Wali Kota Malang Sutiaji dengan 4.014 berita.

Untuk kategori wali kota tervokal atau pernyataannya yang paling banyak  dikutip media, juga diraih Risma. Sebanyak 40.572 pernyataannya dikutip oleh media Indonesia.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...