Riset: Gosok Gigi Tiga Kali Sehari Ternyata Dapat Turunkan Resiko Penyakit Jantung

Amalia Purnama Sari

Dipublikasikan 2 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Riset: Gosok Gigi Tiga Kali Sehari Ternyata Dapat Turunkan Resiko Penyakit Jantung
Ilustrasi: Irish News
Winnetnews.com - Mungkin kamu berpikir bahwa sikat gigi dua kali sehari sudah cukup untuk menjaga kesehatan gigi dan mulutmu. Namun sebuah riset mengatakan bahwa dengan menggosok gigi tiga kali sehari ternyata dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

Penelitian ini dipublikasikan dalam European Journal of Preventive Cardiology. Hasilnya ditemukan bahwa ada korelasi antara menyikat gigi dengan resiko gagal jantung dan fibrilasi atrium yang lebih rendah atau kondisi debaran jantung yang tidak teratur.

Dalam penelitian tersebut, dijelaskan bahwa orang yang rajin menyikat gigi akan dapat mengurangi eskistensi bakteri yang hidup di antara gusi dan gigi dan mencegahnya masuk ke dalam aliran darah.

“Kami mempelajari bahwa kelompok besar dalam jangka waktu yang lama dapat menambah kekuatan dari temuan kami,” kata penulis senior dari Ewha Woman’s University Seoul, dilansir dari laman Daily Mail.

image0
Ilustrasi: Orthodontics Limited

Ilmuwan asal Korea Selatan ini meneliti hubungan antara kebersihan mulut dan masalah jantung dengan menganalisa lebih dari 160 ribu orang berusia 40-79 tahun dan melakukan pemeriksaan medis secara rutin sejak tahun 2003 silam.

Menyikat gigi sebanyak tiga kali sehati dikaitkan dengan risiko gagal jantung 12 persen lebih rendah dan risiko fibrilasi atrium yang berkurang hingga 10 persen. Temuan ini juga berasal dari beberapa faktor, termasuk usia, jenis kelamin, status keuangan, frekuensi olahraga, tingkat konsumsi alcohol, dan indeks massa tubuh.

Sedangkan studi lain menunjukkan bahwa kebersihan mulut yang buruk bisa memicu munculnya bakteri jahat dalam aliran darah dan bisa menyebabkan peradangan. Adanya peradangan ini bisa memicu detak jantung yang tidak beraturan. Selain itu, kemampuan jantung untuk mempompa darah atau beristirahat dan mengisi darah juga akan terganggu.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...