Riset: Jarang Kena Sinar Matahari Pagi Buat Orang Jadi Depresi
Ilustrasi: Get Your Guide

Riset: Jarang Kena Sinar Matahari Pagi Buat Orang Jadi Depresi

Minggu, 15 Des 2019 | 12:47 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Sering merasa kurang bahagia, suntuk, dan mudah lelah? Suasana hati buruk bisa terjadi apabila dirimu kurang mendapat paparan sinar matahari. Penelitian terbaru memaparkan fakta bahwa orang-orang yang jarang terpapar sinar matahari, terutama matahari pagi, akan rentan mengalami stres dan depresi.

Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan sedikitnya 16 ribu partisipan. Mereka yang tidak terkena cukup paparan sinar matahari pagi mengaku sering merasa stres, lelah, dan depresi. Penelitian dini digagas oleh para peneliti dari Universitas Brigham dan menemukan bahwa matahari pagi memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan psikis.

image0
Ilustrasi: Pixels

Penelitian ini menjabarkan jika matahari pagi memiliki nutrisi dan vitamin D yang bisa memperbaiki sistem kekebalan tubuh, mencegah risiko penyakit kuning, dan mencegah timbulnya depresi. Para ahli juga menyebut jika orang-orang yang kekurangan asupan D, terutama yang berasal dari paparan sinar matahari pagi, beresiko terkena depresi hingga 85%.

Studi ini dipublikasikan dalam Jurnal Dermato-Endocrinology. Lebih lanjut, paparan hangat sinar matahari pagi sangat bermanfaat bagi ketenangan dan kenyamanan hati. Selain itu, sinar matahari pagi juga bisa melancarkan sistem peredaran darah dalam tubuh dan memasok kebutuhan oksigen dengan baik.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...