Riset: Kompetensimu Akan Dinilai Berdasarkan Seberapa Mahal Harga Bajumu
Ilustrasi: Shutterstock

Riset: Kompetensimu Akan Dinilai Berdasarkan Seberapa Mahal Harga Bajumu

Selasa, 31 Des 2019 | 18:00 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Prinisp don’t judge book by its cover memang sulit sekali diterapkan. Banyak orang menilai penampilan luar sebagai cerminan jiwa tanpa memperhatikan karakter asli seseorang.

Bukan hanya wajah atau tubuh, gaya busana juga bisa memengaruhi penilaian seseorang terhadap diri kita. Berdasarkan penelitian, cara berpakaian bisa menjadi tolak ukur kompetensi seseorang.

Sebuah riset membuktikan bahwa kebanyakan orang sering memberikan penilaian lewat penampilan. Ini memang sulit dihindari karena otak sulit sekali menghindari hal ini.

Penelitian mengungkap jika informasi berupa tampilan busan sering menjadi patokan mengenai kompetensi seseorang. Oleh karena itu, penting memperhatikan pakaian di momen-momen penting, seperti halnya ketika wawancara pekerjaan.

Hal ini tak menyenangkan buatmu yang tidak bisa bergaya mahal. Menurut para peneliti dari Princeton University, kebanyakan orang akan menilai apakah pakaian yg dikenakan seseorang adalah pakaian mahal atau tidak.

Dalam riset tersebut, para partisipan diminta memberikan penilaian terhadap beberapa pria dengan pakaian berbeda. Hasil riset menunjukkan bahwa mereka yang terlihat kaya tampak lebih kompeten daripada yang kurang, tidak peduli gayanya kasual atau formal. Hal ini sebenarnya bukan penelitian baru. Penelitian ini berusaha menyoroti bahwa sebenarnya kita seringkali membuat keputusan terlalu cepat untuk hal-hal penting.

image0
Ilustraso: Blossom

Untuk membuktikan hal ini, peneliti pun melakukan beragam tes. Dalam sebuah sesi, partisipan diberikan informasi mengenai profesi dan penghasilan mereka. Namun tetap saja menampilan menjadi hal terpenting yang mereka yakini.

Para peneliti pun menyimpulkan sesuatu yang sebenarnya kurang positif. Bahwa status sosio-ekonomi masih sangat berpengaruh. Hal ini bisa berarti bahwa orang-orang dengan penghasilan lebih sediit dan tidak bisa membeli baju lebih mahal lah yang dirugikan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...