Riset: Liburan Lebih Buat Orang Bahagia Ketimbang Menikah

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Riset: Liburan Lebih Buat Orang Bahagia Ketimbang Menikah Ilustrasi: The Daily Meal

Winnetnews.com - Tidak dipungkiri jika rasa sedih dan frustasi kerap melanda para jomblo mengtahui bahwa teman-teman atau para sahabat sudah naik pelaminan terlebih dahulu. Namun tahukah kamu jika menikah bukanlah hal utama yang bisa membuamu bahagia? Sebuah survei membuktikan jika pergi berlibur ternyata lebih membahagiakan daripada menikah.

Penelitian ini dilakukan oleh sebuah situs pemesanan hotel online. Orang yang melakukan perjalanan atau traveling cenderung merasa lebih bahagia daripada orang yang menikah. Riset ini dilakukan kepada sekitar 17 ribu responden yang berasal dari 17 negara berbeda.

Para responden mengaku jika sebagian besar kebahagiaan dalam hidup mereka bisa digantikan dengan pergi berlibur. Sebanyak 77% responden mengaku jika mereka memesan tiket liburan saat merasa perlu mengembalikan mood yang buruk. Sebanyak 49% responden merasa lebih bahgaia saat merencanakan liburan daripada acara pernikahan.

Ilustrasi: Road Affair

Lebih dari 50% responden pergi kencan dengan pasangan tak lebih menyenangkan dari liburan, dan 45% responden juga mengungkapkan mereka lebih merasakan kebahagiaan saat pergi liburan dibandingkan ketika menjalani pertunangan.

Mengutip dari Wolipop, rasa bahagia ini ternyata bisa mengalahkan perasaan senang ketika berbelanja hal-hal yang diinginkan. Sebanyak 70% responden merasa lebih bahaga pergi berlibur daripada membeli barang-barang kesukaan mereka.

Kebahagiaan pergi berlibur ini juga sudah dirasakan jauh sebelum para responden pergi berlibur. Sebanyak 80% responden mengaku jika mereka bahagia memilih tempat dan destinasi untuk berlibur. Enam dari sepuluh responden mengaku jika mereka memeroleh mood yang lebih baik ketika mereka membaca ulasan hotel yang akan mereka tempati dan membayangkan akan seperti apa liburan yang mereka jalani kedepannya.

Penelitian ini juga menyebut bahwa kebanyakan orang rela untuk mengorbankan kenyamanannya untuk merasakan pengalaman berlibur yang baru. Sebanyak 56% orang lebih memilih pergi berlibur daripada membeli pakaian atau gadget baru, dan 48% orang memilih menunda renovasi rumah untuk bisa pergi berlibur.

Apa Reaksi Kamu?