Riset Mutakhir Cetuskan Obat Baru untuk Cegah Kanker Payudara pada Wanita
Ilustrasi: Getty Images

Riset Mutakhir Cetuskan Obat Baru untuk Cegah Kanker Payudara pada Wanita

Sabtu, 21 Des 2019 | 09:30 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Para pakar kesehatan baru-baru ini menemukan sebuah obat yang bisa membantu mengurangi risiko penyakit kanker payudara. Obat ini dikabarkan akan terus bekerja meski kamu sudah berhenti mengonsumsinya.

Obat yang dimaksud adalah anastrozole (Arimidex) yang dapat menghambat produksi hormone estrogen. Hormon ini dinilai sebagai pemicu kanker payudara pada wanita.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Queen Mary University of London, hanya sepersepuluh perempuan saja yang bisa memenuhi syarat untuk bisa mengonsumsi pil ini.

Merangkum BBC, anastrozole hanya dapat diberikan kepada wanita yang sudah menopause. Sebab, obat ini tidak dapat menekan estrogen pada perempuan yang lebih muda.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa anastrozole bisa membantu mengurang risiko kanker payudara selama lima tahun setelah obat dikonsumsi.

Namun ketika diberikan percobaan kpada 3.864 perempuan, ditemukan hanya 49 persen berisiko tinggi mengalami kanker payudara, bahkan dalam tujuh tahun setelah berhenti.

Hal ini bisa diartikan bahwa obat ini makin bertahan dalam waktu yang lama. Lebih lanjut, penemuan ini telah diterbirkan dalam Jurnal Lancet dan telah dipresentasikan pada Simposium Kanker Payudara San Antonio Texas.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...