Riset: Orang Obesitas Miliki Otak 10 Tahun Lebih Tua dari Usia Aslinya
Ilustrasi: Medical News Today

Riset: Orang Obesitas Miliki Otak 10 Tahun Lebih Tua dari Usia Aslinya

Minggu, 29 Des 2019 | 08:40 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Terlalu banyak makan ternyata tidak hanya berdampak pada kenaikan berat badan, namun juga dapat menurunkan kemampuan otak.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Neurobiology of Aging menyebut bahwa obesitas atau kelebihan berat badan ternyata dapat membuat orak menjadi 10 tahun lebh tua dari usia aslinya. Dalam penelitian ini tidak disebutkan kemampuan kognitif orang obesitas akan berkurang karena kelebihan berat badan namun fungsi otak lainnya akan lebih rentan menurun.

Penelitian yang digagas oleh para peneliti University of Cambridge ini mencoba melakukan perbandingan antara individu dengan variasi berat badan dan melakukan MRI untuk memastikan aktivitas apa saja yang dilakukan oleh orang-orang di usia 20-87 tahun.

Hasilnya, dibandingkan dengan mereka yang punya tubuh ideal, orang-orang obesitas akan cenderung membuat otak mengalam penuaan. Ini dipicu hilangnya beberapa jaringan otak yang menjalankan fungsi komunikasi. Kondisi otak seperti ini sering dikenal publik sebagai salah satu penuaan otak.

Secara umum, hilangnya jaringan di dalam otak ini disebabkan tekanan lemak di dalam otat. Maka dari itu, menjaga berat badan agar tetap ideal bukan selalu perkara penampilan, namun juga mencegah penuaan dini pada otak.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...