Risma disebut-sebut Masuk dalam Calon Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017

Ahmad Mashudin
Kamis, 28 Juli 2016 04:55 WIB
Oleh Ahmad Mashudin pada Kamis, 28 Juli 2016 04:55 WIB
Image Risma disebut-sebut Masuk dalam Calon Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017

WinNetNews.com - Walikota Surabaya, Tri Rismaharini disebut-sebut akan ikut dalam bursa Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 mendatang. Gaya kepemimpinannya dalam memimpin warga kota pahlawan diprediksi bisa merebut hati masyarakat Ibu Kota.

Salah satu kesuksesannya ialah saat menutup kawasan prostitusi terbesar di Asia Tenggara, Gang Dolly. Saat itu, aksi penggusuran tersebut sempat mengundang kontroversi karena menyangkut hajat hidup orang banyak. Namun pada akhirnya ia berhasil melakukan penggusuran tanpa membuat kegaduhan.

"Risma ketika melakukan perpindahan penduduk menggusur katakanlah Dolly tidak menimbulkan suatu gejolak atau menimbulkan kegaduhan, kita lihat Ahok saat melakukan penggusuran mayoritas menimbulkan kegaduhan," kata Pengamat Politik dari Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing.

Bagaimana tidak, saat menggusur Kalijodo, Ahok turut melibatkan TNI dan Polri bersenjata laras panjang. Tak hanya itu, perbedaan sikap Ahok dan Risma juga terlihat dari gaya kepemimpinannya. Emrus menilai bahwa gaya kepemimpinan Risma adalah partisipatif. Sementara Ahok bersifat linier.

"Ahok gaya kepemimpinan yang linier, artinya atas bawah. Makanya anak buahnya mana ada yang berani? Kadang-kadang anak buahnya disebut kurang ajar. Kemarin dengar, kalau ini kurang ajar ini. Nah itu merendahkan orang lain. Risma tidak sampai sejauh itu, dia pernah marah tapi tidak keluar kalimat yang merendahkan orang lain," paparnya.

Menurutnya, langkah PDIP mendorong Risma untuk bersaing dengan Ahok dan kandidat lainnya merupakan hal yang bagus. Dibandingkan dengan Ahok, Risma justru homogen dengan para pemilih di Jakarta.

"Risma sangat homogen dengan pemilih Jakarta. Bahwa penduduk Jakarta mayoritas berbudaya, beretnis sama dengan Risma dari etnis Jawa. Dia juga religius, ini menarik. Ketika ditanya bagaimana ketika dia mati, dia menjawab 'bagaimana warga saya yang menderita?'. Saya kira perbedaan-perbedaan ini bisa menjadi unggulan Risma," tukasnya.

Winners… Hobi Memancing, Ini Loh Manfaatnya Untuk Kesehatan
Untuk Pertama Kalinya, Starbucks Khusus Tunarungu Dibuka

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.