Rizieq Syihab Overstay, Pengacara: Bukan Salah Dia Lho!
Habib Rizieq Syihab. (Foto: Fanny Kusumawardhani/Kumparan)

Rizieq Syihab Overstay, Pengacara: Bukan Salah Dia Lho!

Kamis, 11 Jul 2019 | 11:15 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com - Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab tak bisa keluar Arab Saudi karena overstay, oleh sebab itu untuk bisa pulang ke Tanah Air Rizieq diwajibkan membayar denda sebesar Rp 110 juta oleh pemerintah Arab Saudi. Pengacara Rizieq, Sugito Atmo Prawiro, menegaskan hal ini terjadi bukan karena kesalahan Rizieq.

"Ini permasalahannya bukan denda, kalau memang semisalnya memang denda ada dari zaman kapan pun kami bersedia membayar, walaupun yang menjadi catatan adalah yang menyebabkan overstay (hingga didenda) itu bukan salah Habib Rizieq lho," kata Sugito pada Rabu (10/7/2019) malam, dikutip dari Kumparan.

Overstay yang dialami Rizieq, berdasarkan penjelasan Sugito, itu dikarenakan dia sempat dicekal saat berusaha meninggalkan Arab Saudi menuju Malaysia pada pertengahan 2018, sesuai batas visa yang dimiliki Rizieq.

"Pada tanggal 20 Juni 2018 itu kan batas akhir overstay, tanggal 12 atau berapa, Habib Rizieq tiga kali mencoba untuk keluar Saudi ke Malaysia karena waktu itu ingin menyelesaikan disertasi doktornya, itu dicekal atas permintaan institusi di Indonesia," jelasnya.

Sugito pun mengklaim ada upaya pembiaran dari pihak pemerintah Indonesia saat Rizieq dicekal hingga overstay di Arab Saudi. Padahal menurutnya, Rizieq dapat dideportasi saat itu.

"Nah setelah dicekal itu kan dia overstay, nah seharusnya kalau dia overstay, Habib Rizieq kan diproses, setelah membayar denda kan bisa langsung dideportasi atau semacam itulah. Tapi ini kan dibiarkan dan cukup lama," kata Sugito.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...