Rp 40 Triliun Bangun Trans Makassar-Manado

Rp 40 Triliun Bangun Trans Makassar-Manado

WinNetNews.com - Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, mengatakan anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan Trans Makassar hingga ke Manado dengan sarana kereta api sebanyak Rp 40 triliun.

"Dengan estimasi biaya pembangunan sarana kereta api kurang lebih Rp 20 miliar per kilometer dari total 2.000 kilometer," kata Ignasius disela-sela kehadirannya pada Festifal Forum Kawasan Timur Indonesia (KTI) di Makassar, di lansir dari Suara Pembaruan, Kamis (19/11/2015).

Dia mengatakan, pembangunan sarana kereta api tersebut merupakan bagian dari target pembangunan Trans Sulawesi yang ke depannya dapat menghubungkan seluruh provinsi yang ada di Sulawesi dengan bantuan transportasi kereta api.

Karena itu, dia berharap agar pembangunan sarana kereta api itu pada tahap awal yang telah dicanangkan di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan dapat berjalan lancar.

"Pada tahun ini diharapkan pembangunan jalur kereta api Makassar-Parepare sudah bisa di atas 16 kilometer," katanya.

Pada pencanangan sarana rel kereta api direncanakan dapat mencapai 30 kilometer setelah pembebasan lahan warga sudah tuntas. Namun karena masih adanya sedikit kendala terkait pembebasan lahan, maka perkembangan pembangunan sarana kereta api itu terkesan lamban.