(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Rp18.6 Triliun Bank Mandiri Salurkan Kredit Usaha Rakyat

Muchdi
Muchdi

Rp18.6 Triliun Bank Mandiri Salurkan Kredit Usaha Rakyat

WinNetNews.com - Rp18,6 triliun sejak 2010 hingga 2014 Bank Mandiri telah menyalurkan dana untuk program kredit usaha rakyat untuk mendorong masyarakat mengembangkan usaha produktif.

"Kami mulai penyaluran program KUR tahun 2010 dan sampai tahun 2014 telah disalurkan sebanyak Rp18,6 triliun, sementara yang kredit macet hanya mencapai 1,2%," kata Direktur Micro dan Business Banking Bank Mandiri Tardi di Solo,lansir bisnis, Kamis (22/10/2015).Ia mengatakan Bank Mandiri mulai Agustus 2015 juga telah menggulirkan program KUR produktif. Penyaluran dana program itu, katanya, untuk mendorong para ibu di pedesaan yang mempunyai usaha produktif, bisa mendapatkan permodalan bagi pengembangan usahanya itu.

"Untuk isteri guru-guru di pedesaan yang mempunyai usaha produktif, apabila kekurangan modal bisa mendapatkan kredit permodalan lewat program tersebut," kata Tardi.

Hingga medio Oktober 2015, Bank Mandiri telah menyalurkan KUR mencapai sekitar Rp600 miliar. Ia menjelaskan penyaluran KUR merupakan upaya meningkatkan peran aktif perseroan dalam mendorong pengembangan usaha kecil dan mengah (UKM) di Tanaah Air.

Hingga akhir 2015, penyaluran KUR oleh Bank Mandiri diharapkan bisa mencapai Rp3,2 triliun, di antaranya Rp500 miliar bisa diserap tenaga kerja Indonesia, sedangkan sisanya antara lain untuk pertanian, perikanan, dan kehutanan. "Kami optimistis dari target tersebut sampai akhir tahun 2015 bisa tercapai," katanya.

 

Di luar penyaluran KUR, katanya, hingga pertengahan Oktober 2015, Bank Mandiri telah menyalurkan pembiayaan kepada segmen UKM dan koperasi yang mencapai Rp72,72 triliun.

Jumlah itu, katanya, lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang Rp67,53 triliun. "Adapun kualitas kredit kepada UKM dan koperasi dapat terjaga dengan baik," katanya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});