Rp20 T untuk 4 Juta Lahan Tidur di Desa Disiapkan Kemendes

Rike
Rike

Rp20 T untuk 4 Juta Lahan Tidur di Desa Disiapkan Kemendes

WinNetNews.com-Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) bakal membangun embung, guna membangkitkan 4 juta lahan tidur jadi lahan pertanian produktif di desa. Tak tanggung-tanggung, dana yang bakal disiapkan sebesar Rp20 Triliun.

“Menteri Pertanian dan presiden me-request (meminta) Kemendes agar membuat embung. Tahun depan, dana desa ada Rp60 Triliun lebih, dan ADD (Alokasi Dana Desa) sekitar Rp150 Triliun. Menyisihkan Rp20 Triliun tidak susah, terkait model embung Menteri Pertanian dan Menteri PUPR sudah mendesain,” terang Mendes PDTT, Eko Sandjojo setelah Rapat Koordinasi dengan Menteri Pertanian di Kantor Kalibata Jakarta, Kamis (20/10).

Mendes menambahkan, sebanyak 80 persen masyarakat desa hidup di bidang pertanian. Maka butuh sinergitas yang kuat, hingga kebutuhan desa bisa saling dilengkapi. Menurut dia, dengan dibangunnya Embung di 4 juta lahan desa itu, petani mampu panen 2-3 kali per tahun.

“Kita (Kemendes PDTT) tinggal melengkapi apa yang telah dibuat oleh Kementerian Pertanian dengan melengkapi saluran tersier. Dana desa juga akan kita push (dorong) untuk membangun sarana pasca panen. Sarana pasca panen bisa dalam bentuk gudang, nanti kita ajak pengusaha. Swasta akan diberi kemudahan kredit dan insentif pajak untuk ini,” kata dia.

Apa Reaksi Kamu?