RTGS: Transaksinya Terus Meningkat

RTGS: Transaksinya Terus Meningkat

WinNetNews.com - Transaksi pembayaran melalui sistem real time gross settlement (RTGS) dalam rentang waktu 10 tahun terakhir mengalami peningkatan yang cukup tajam.

Pada 2005 volume RTGS sekitar 24.000 per hari dengan nilai transaksi Rp81,7 triliun, ujar Direktur Eksekutif Departemen Penyelenggaraan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Bramudija Hadinoto. Ucapnya, dilansir dari Bisnis, Kamis (12/11/2015) "Saat ini, volume RTGS telah mencapai 70.000 transaksi per hari dengan nilai transaksi Rp458 triliun."

Untuk mengakomodasi jumlah dan volume transaksi yang terus meningkat, BI memperbaharui sistem RTGS dari generasi I menjadi generasi II bersama sistem BI scripless securities settlement system (BI-SSSS) dan BI electronic trading platform (BI-ETP).

Sistem RTGS generasi II tersebut dapat mengakomodasi 180.000 volume transaksi per hari selama kurun waktu 6 tahun hingga 8 tahun. "Kami akan mengimplementasikan 3 sistem transaksi yang telah diperbaharui pada 16 November 2016," ucapnya.

Selain memperbaharui sistem, BI juga menetapkan batas atas biaya transfer RTGS yang baru senilai Rp 35.000 untuk setiap transaksi yang berlaku bersamaan dengan diimplementasikannya sistem generasi II.