Ruang di Rumah Minimalis Anda Gelap? ini Trik Siasatinya!

Contributor-7
Contributor-7

Ruang di Rumah Minimalis Anda Gelap? ini Trik Siasatinya!

WinNetNews.com - Memiliki rumah di ibukota merupakan berkah tersendiri. Bukan hanya sebagai investasi, tapi juga simbol kerja keras Anda selama ini.

Tetapi, apakah rumah Anda memiliki ruangan kecil yang gelap? Mungkin itu adalah ruang makan, dapur, atau kamar kerja.

Dilansir dari laman Rumah, berikut cara menyiasati ruangan-ruangan mungil agar lebih fungsional dan terasa lebih cerah.

Bermain dengan Warna dan Cahaya

Tentu saja cara sederhana membuat ruangan menjadi lebih cerah dengan mengubah warna catnya. Pilihlah warna seperti putih atau abu-abu yang lembut. Anda dapat juga menggunakan warna yang lebih hangat namun tetap lembut, seperti espresso brown, mushroom gray, dan camel tan.

Warna tidak akan optimal tanpa disertai cahaya. Penambahan lampu sangat berguna untuk membuat suasana yang gelap terasa lebih cerah.

Menambahkan tubular daylight devices (TDD) atau skylight menjadi pilihan menarik. TDD semacam alat berbentuk pipa yang dipasang antara atap dan langit-langit guna memantulkan cahaya yang ada di luar rumah ke dalam ruangan.

Pada dasarnya TDD adalah skylight mini. Kedua pilihan ini lebih mampu menciptakan suasana ruangan yang cerah secara alami.

Mengatur dan Menyusun Ulang Aksesori dan Furnitur

Semakin banyak barang pada suatu ruangan, semakin banyak bayangan yang diciptakan, sehingga semakin gelap pula ruangan tersebut. Oleh karena itu, Anda perlu memilah dan memilih ulang aksesori dan furnitur yang hendak diletakkan.

Menggunakan lemari dengan banyak laci dan rak akan sangat membantu Anda untuk memaksimalkan ruang. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan rak dinding untuk buku-buku dan aksesori.

Menambahkan cermin pada ruangan dapat membuat cahaya yang masuk ke ruangan lebih menyebar. Tidak hanya itu, menggunakan frame cermin yang lebih terang akan membuat suasana ruangan lebih cerah. Trik warna ini juga berguna untuk furnitur yang ada pada suatu kamar.

Mengubah Struktur Ruangan

Menambahkan jendela merupakan langkah terakhir yang dapat Anda lakukan untuk membuat ruangan gelap menjadi lebih terang. Jika ruangan tersebut tidak memiliki akses keluar bangunan, Anda dapat menambahkan jendela pada langit-langit kamar.

Anda juga dapat mengganti pintu dan jendela kayu dengan pintu dan jendela kaca guna memeroleh cahaya alami yang lebih banyak. Selain pintu dan jendela, Anda dapat menghilangkan tembok-tembok tambahan yang menghalangi cahaya di kamar.

Apa Reaksi Kamu?