Rudal Diluncurkan Lewat Kapal Selam, Kim Jong Un Provokasi AS dan Korsel

Rudal Diluncurkan Lewat Kapal Selam, Kim Jong Un Provokasi AS dan Korsel

Minggu, 24 Apr 2016 | 22:09 | Rike
WinNetNews.com-Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, klaim sudah melakukan uji coba rudal balistik dari kapal selam. Langkah ini disebutnya jadi sebuah 'kesuksesan yang membuka mata'. Melalui teknologi yang mereka punya, pemimpin Korut ini mengklaim mereka memiliki kemampuan menyerang Korea Selatan dan Amerika Serikat kapan saja.

Dilansir dari AFP, Minggu (24/4/2016), media lokal setempat laporkan AS bersama Inggris mengatakan dengan jelas peluncuran rudal itu melanggar resolusi dewan keamanan PBB. Mereka minta negara itu untuk tahan diri untuk lakukan langkah lanjutan sebab dapat merusak sejumlah kawasan. Menteri Pertahanan Korea Selatan mengatakan rudal itu sebagai sebuah kegagalan. Sebab saat dilepaskan dari kapal selam di Laut Jepang misil tersebut terbang hanya sejauh 30 kilometer atau sekitar 18 mil. Guna disebut sukses rudal harus bisa terbang sejauh 300 kilometer. Tetapi Korut seperti diberitakan kantor berita Korut KCNA, bersikeras menyebutkan bahwa tes yang disebut dimonitor langsung oleh Jong Un ini miliki 'kehandalan sistem peluncuran misil bawah laut'. Disebutkan pula bahwa pemimpin Korut itu mengatakan Pyongyang kini sudah mampu serang wajah boneka Korea Selatan dan imperialis AS kapan saja.

"Kesuksesan yang membuka mata semua pihak ini merupakan satu lagi hadiah berharga dari ilmuwan pertahanan dan para teknisi untuk pemimpin dan partai," kata Kim Jong Un menambahkan.

Gambar dari televisi nasional setempat perlihatkan Kim sedang berada di atas dek kapal selam sebelum saksikan tes lewat teropong kemudian mengadakan pertemuan dengan kru juga ilmuwan. Sejumlah gambar perlihatkan misil tersebut dengan 'The North Star' yang terpampang badan misil, melambung keluar dari dalam air dan terbang ke langit, tinggalkan segumpal besar asap di atas permukaan laut.

Sumber&foto:detik.com

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...