Rupiah Berpeluang Bertahan Hari Ini

Rupiah Berpeluang Bertahan Hari Ini

Rabu, 13 Jan 2016 | 08:46 | Muchdi

WinNetNews.com - Pergerakan nilai tukar rupiah pada perdagangan hari ini diperkirakan masih akan dinaungi "dewi fortuna". Rupiah masih berpotensi menguat. "Pelemahan rupiah berpeluang bertahan di hari ini," ujar Analis Samuel Sekuritas, Rangga Cipta, dalam hasil risetnya, seperti dikutip Metrotvnews, Rabu (13/1/2016).

Dia menjabarkan, rupiah sempat menguat tajam di pembukaan Selasa tetapi akhirnya melemah terbawa arus penguatan dolar di Asia yang masih dipicu ketidakpastian di Tiongkok serta prospek buruk harga komoditas.

Menurutnya, hal ini tentunya akan mengurangi harapan pemangkasan BI rate yang pembahasannya oleh Bank Indonesia (BI) akan dimulai pada hari ini dan disimpulkan besok sore.

Rangga mengungkapkan, harga minyak kembali turun bahkan WTI sempat menembus ke bawah USD30 per barel. Yuan yang kembali melemah tipis hingga kemarin sore mendorong pelemahan kurs serentak di Asia.

PBoC, selain memasok dolar melalui cadangan devisa, juga mengintervensi melaluiinterbank market dengan mengeringkan likuiditas yuan tetapi dengan konsekuensi meningkatkan suku bunga jangka pendek secara drastis.

"Pagi ini ditunggu angka neraca perdagangan Tiongkok yang diperkirakan menipis surplusnya," pungkasnya.

sumber dari Metrotvnews, Jakarta

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...