Rupiah Melemah, Indonesia Tak Akan Krisis Ekonomi

Rusmanto
Rabu, 26 Agustus 2015 11:42 WIB
Oleh Rusmanto pada Rabu, 26 Agustus 2015 11:42 WIB
Image Rupiah Melemah, Indonesia Tak Akan Krisis Ekonomi

"Fakta menunjukkan bahwa pelemahan nilai tukar rupiah menyentuh level Rp14.000 lebih terhadap dolar AS, tetapi Indonesia tidak mengalami krisis ekonomi," kata Thomas Ola Langoday, di Kupang, Rabu (26/8/2015).

Dia mengemukakan krisis ekonomi seperti yang tejadi pada 1998 tidak akan lagi dialami Indonesia karena pertumbuhan ekonomi negeri ini sekarang, misalnya, menunjukkan tren positif sebesar 4,67 persen pada triwulah kedua tahun 2015.

Selain itu, ketersedian kebutuhan pokok dan daya beli masyarakat yang tinggi menjadi fundamen ekonomi yang kuat bagi Indonesia, kata Dekan Fakultas Ekonomi Unwira ini.

Mengenai usulan badan pusat krisis, dia mengatakan tidak perlu karena pemerintah memiliki mekanisme tersendiri dalam menangani permasalahan ekonomi bangsa.

"Saya kira, pemerintah sudah mengambil langkah-langkah cepat dalam menangani masalah pelemahan rupiah, yang ditunjukan dengan adanya pertumbuhan ekonomi yang positif pada tri wulan kedua," katanya.

Karena itu, pemerintah tak perlu merespons usulan untuk membentuk badan pusat krisis untuk menangani permasalahan perekonomian bangsa, yang justeru menimbulkan tumpang tindih dalam berkoordinasi, kata Thomas Ola Langoday. (jk)

Cara mudah tidak cepat gemuk meski sering makan.
SBY Sebut BIN, TNI dan Polri Tidak Netral, Ini Kata PDIP

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.