Skip to main content

Rupiah Siang Ini Kembali Melemah

Rupiah Siang Ini Kembali Melemah
Rupiah Siang Ini Kembali Melemah

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat kembali melemah ke level Rp 14.000.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo melihat, badai belum berakhir hingga The Fed memberikan kepastian kapan menaikkan tingkat suku bunganya.

"Pemerintah akan mendorong paket kebijakan ekonomi dan pengendalian upaya agar rupiah menjadi stabil, saya menyambut baik," katanya.

Agus menjelaskan, pelemahan nilai tukar tidak hanya terjadi di Indonesia, namun menjadi tekanan banyak negara di dunia.

Hingga 27 Agustus 2015, rupiah sudah terdepresiasi 12,9%. Angka ini masih lebih baik dibandingkan negara lainnya yang tertekan lebih dalam.

Agus membandingkan, mata uang Brasil hingga 27 Agustus 2015 sudah melemah 33%, Turki 24%, Malaysia 21%, Afrika Selatan 13%.

Kondisi nilai tukar saat ini, kata Agus, harus dihadapi dengan tenang. Ia meyakini akan ada perbaikan ekonomi ke depan yang juga diikuti penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

"Jadi mohon kita tetap tenang, ekonomi kita mengarah ke lebih baik, 3 tahun terakhir ekonomi mengalami ketidakpastian, BI akan jaga pasar valas, kita senantiasa merespon bauran kebijakan, yaitu moneter yang prudent, kebijakan makro agar penyaluran kredit lancar," tandasnya. (jk)

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top