Rupiah Tak Bergairah di Awal Pekan

Rupiah Tak Bergairah di Awal Pekan

WinNetNews.com - Pergerakan nilai tukar rupiah pada pembukaan perdagangan pagi ini terpantau melemah. Rupiah belum ada faktor yang mendukungnya untuk menguat.

Mengutip Bloomberg, Senin, 11 Januari, rupiah dibuka melemah ke posisi Rp13.955 per USD jika dibandingkan dengan pergerakan pekan kemarin di posisi Rp13.922 per USD. Sementara itu, pergerakan rupiah masih terombang-ambing di mana beberapa saat kemudian menguat 19.8 poin atau setara 0,14 persen ke posisi Rp13.942 per USD.

Sedangkan berdasarkan data Yahoo Finance, rupiah diperdagangkan di level Rp13.930 per USD. Rupiah menguat sebesar lima poin atau setara 0,04 persen. Sebelumnya, analis Samuel Sekuritas Rangga Cipta mengatakan bahwa faktor eksternal seperti gejolak pasar saham Tiongkok serta membaiknya data Amerika Serikat (AS) akan menjadi dua hal yang mempengaruhi pergerakan rupiah.

"(Dua hal ini) akan menjadi ancaman utama terhadap rupiah hari ini," kata Rangga singkat.

Menurut dia, rupiah masih tertekan secara umum walaupun masih bertahan di bawah Rp14.000 per USD. Peluang depresiasi rupiah yang terbuka, terutama akibat faktor eksternal, bisa menghalangi harapan pemangkasan BI rate pada RDG di minggu ini yang telah tumbuh semenjak diumumkannya inflasi Desember 2015 yang sangat rendah.

sumber dari metrotvnews, Jakarta