Rupiah Terus Melemah, Sekarang Saat yang Tepat Beli Mobil

Rupiah Terus Melemah, Sekarang Saat yang Tepat Beli Mobil

image0

Jakarta - Rupiah terus melemah terhadap dolar Amerika. Dampaknya, biaya produksi mobil semakin naik sehingga berimbas kepada kenaikan harga.

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yongki Sugiarto, mengatakan, perubahan harga bisa terjadi pada semua merek dan jenis mobil, baik yang diproduksi di Indonesia, apalagi yang didatangkan secara utuh (CBU) dari luar negeri.

"Mau yang mobil impor ataupun mobil yang kandungan lokalnya 80 persen pun bisa naik (harga). Kenapa demikian? Mobil yang kandungan lokalnya banyak dan dibuat di sini bahan bakunya tetap impor. Apalagi yang impor (mobil utuh) langsung," ujar Yongki saat jumpa pers di ICE, BSD City, Tangerang Selatan, Selasa 25 Agustus 2015.

Jika pelemahan rupiah berlanjut maka tidak menutup kemungkinan harga akan naik terus.

"Jadi saran saya, kalau ada kesempatan dan kemampuan, beli dari sekarang," ungkap dia.

Ia menambahkan momentum pameran mobil seperti Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 bisa dimanfaatkan untuk membeli atau mengganti kendaraan lama.

Alasannya, biasanya peserta pameran memberikan promo khusus yang sayang untuk dilewatkan .

"Kalau pameran biasanya produsen kasih gimmick-gimmick menarik, seperti aksesoris hingga harga menarik. Bisa dimanfaatkan oleh konsumen. Apalagi kalau kondisinya seperti sekarang ini, dolar terus menguat, harga mobil bisa berubah terus," kata dia.