Rusia Ikut Andil Produksi Jutaan Dosis Vaksin Covid-19

Khalied Malvino

Dipublikasikan setahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Rusia Ikut Andil Produksi Jutaan Dosis Vaksin Covid-19
Gamaleya Research Institute bakal memproduksi massal jutaan dosis vaksin Covid-19. (Foto: TASS)

Winnetnews.com -  Sejumlah negara kini tengah berkompetisi memproduksi vaksin virus corona, salah satunya Rusia. Seolah tak mau ketinggalan momen , Presiden Rusia, Vladimir Putin menyatakan bakal memproduksi massal jutaan dosis vaksin Covid-19 mulai 2021.

Ditulis AFP dari media pemerintah Rusia TASS, Moskow selangkah lebih maju dalam pengembangan vaksin corona (Covid-19). Vaksin lembaga Gamaleya misalnya, memasuki proses akhir dan segera mendapat izin resmi.

"Kami tengah memperhitungkan untuk mulai memproduksi massal pada September," tegas Menteri Perindustrian Rusia Denis Manturov dalam sebuah wawancara, Senin (3/8).

"Volume produksi akan beberapa ratus ribu per bulan, dengan peningkatan menjadi beberapa juta pada awal tahun depan," sambungnya, melansir CNBC Indonesia, Selasa (8/4).

Hal senada juga ditegaskan Kepala Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF), Kirill Dmitriev. Bahkan izin vaksin akan selesai dalam 10 hari ke depan.

"Jika ini terjadi dalam 10 hari ke depan, kami akan berada di depan, tidak hanya Amerika Serikat (AS) tapi juga negara lain," kata Dimitriev dalam sebuah siaran televisi.

"Itu akan menjadi vaksin pertama yang terdaftar."

Selain Gamaleya, Rusia juga mengembangkan dua vaksin lain di laboratorium Vektor di Siberia. Pengujian ke manusia akan dimulai dua bulan ke depan.

Vaksin Gamaleya adalah vektor virus. Ia menggunakan virus lain untuk membawa DNA respons imun yang dibutuhkan ke dalam sel.

Gamaleya, ditulis AFP, mirip dengan vaksin yang dikembangkan CanSino asal China, Vaksin CanSino masih dalam uji klinis lanjutan.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...