Rusia Meluncurkan Rudal Dari Laut Kaspia

Rusia Meluncurkan Rudal Dari Laut Kaspia

WinNetNews.com - Rusia meluncurkan rudal dari laut Kaspia ke Suriah. Menurut The Guardian ini adalah jarak terjauh rudal Rusia. Laut Kaspia Sendiri jauh dari Suriah dan rudal harus melewati udara Iran dan Irak untuk sampai ke Suriah.

Baca juga: 90% Serangan Rusia Tidak Menyasar ISIS

Ini merupakan pertunjukan kemampuan senjata Rusia dalam serangan yang sudah berusia seminggu. Rusia berkoordinasi dengan Iran dan irak untuk meluncurkan rudal itu. Mentri Luar Negeri Rusia, Sergei Shoigu mengatakan bahwa rudal terkirim dari kapal perang angkatan laut Rusia. Rudalnya sejumlah 26 dan mengenai sasaran ISIS.

Rudal ini pertama kali dipakai dalam perang yang sebenarnya. Tentara Suriah sendiri melakukan serangan darat dibantu oleh pesawat tempur Rusia. Namun 90% serangan Rusia tidak menyasar ISIS. Ini menurut pejabat Amerika Serikat seperti dilansir The Guardian. Moscow tapi berpendapat serangannya khusus ke ISIS. Juru bicara Kementrian Luar Negeri Amerika Serikat, John Kirby mengatakan bahwa 90% serangan malah menyasar musuh Assad yang bukan ISIS.

Baca juga: Rusia Mengirimkan Pasukan Elit Ke Suriah

Serangan Rusia membuat keinginan barat menggusur Bashar al-Assad menjadi semakin pelik. Kepentingan besar Rusia tak hanya berbenturan dengan kepentingan barat, namun juga dengan kepentingan negara-negara teluk. Semua sudah tahu bahwa Iran membantu Assad dengan uang dan senjata, lalu kelompok oposisi didanai negara-negara teluk.