Russia Gunakan Radar Jarak Jauh Podsolnukh untuk Pantau Operasi NATO

Russia Gunakan Radar Jarak Jauh Podsolnukh untuk Pantau Operasi NATO

Rabu, 6 Jul 2016 | 23:50 | kontributor

WinNetNews.com - Guna memantau operasi NATO di Baltik dan Laut Hitam, militer Rusia dikabarkan akan mengerahkan radar jarak jauh terbarunya, yang dinamai Podsolnukh. Radar tersebut dikatakan mampu memantau kapal perang dan pesawat dalam radius 450 kilometer jauhnya.

"Kami berharap radar Podsolnukh dapat di-upgrade secara online di Laut Baltik pada 2017," ujar sebuah sumber militer Rusia kepada Interfax, demikian dikutip dari Russia Today, Rabu (6/7/2016).

Sumber yang sama juga mengatakan stasiun radar serupa kemungkinan akan dipasang di Crimea sehingga mampu mendeteksi setiap kapal perang asing yang melewati Selat Bosphorus.

Keberadaan kedua radar canggih tersebut secara signifikan akan memperkuat kapasitas Rusia untuk memantau NATO di wilayah tersebut, dimana terjadi peningkatan dramatis dalam latihan militer, operasi pengawasan, dan penyebaran Angkatan Laut.

Sekadar informasi, radar Podsolnukh (bahasa Rusia untuk Bunga Matahari) adalah radar over the horizon (OTH) yang dirancang mampu mendeteksi, melacak, dan mengklasifikasikan hingga 300 laut dan 100 target udara dalam mode otomatis pada jarak hingga 450 kilometer.

Radar ini juga mampu mengakuisisi target untuk kapal perang sekutu Rusia dan bisa menjadi radar sistem pertahanan udara yang jaraknya melebihi radar konvensional. Tiga stasiun Podsolnukh saat ini telah beroperasi di timur Rusia dan Laut Kaspia

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...