Saat Badai Petir Mencuci Piring Berbahaya Loh
ilustrasi cuci piring ( Photo flickr )

Saat Badai Petir Mencuci Piring Berbahaya Loh

Sabtu, 9 Mei 2020 | 22:19 | Muchdi

Winnetnews.com -  Mencuci piring kotor dapat sama berbahayanya dengan mandi saat adanya petir" onclick="ga('send', 'event', 'Tag', 'Click', 'Tag badai petir');">badai petir, menurut Reader's Digest. Walaupun terdengar seperti mitos, kisah-kisah orang yang terluka saat mandi kala badai listrik sebenarnya kenyataan.

Ketika kilat meninggalkan awan, kilat tersebut mengikuti rute tercepat ke tanah.

Akibat bingkai dan pipa logam merupakan konduktor yang baik, rute itu terkadang mengarah melalui bangunan.

Memang adanya kemungkinan seseorang tidak akan terkena bahaya ketika petir bergerak melalui rumah, tetapi cedera serius dalam kondisi yang tepat juga dapat terjadi. Air dalam sistem pipa pada rumah sering mengandung kotoran logam yang konduktif.

Jika petir mengenai rumah saat mencuci piring, muatan itu dapat mengalir melalui pipa, melalui air, dan akhirnya melalui wastafel yang digunakan. Hal yang sama juga dapat terjadi pada air dari pancuran Anda, seperti dikutip dari Mental Floss.

Dapat Menyebabkan Cedera Serius

Walaupun petir menyerang ketika berada di dalam rumah kemungkinannya kecil, yaitu sekitar 1 banding 775.000, tetapi itu tidak berarti tak harus mengambil tindakan pencegahan segera setelah mendengar guntur di sekitar rumah.

Selain menghindari air yang berasal dari pipa, Anda juga harus menghindari penggunaan peralatan yang dijalin dengan tali selama badai. Peralatan ini diantaranya adalah pemanggang roti, mixer, dan telepon rumah yang semuanya merupakan konduktor potensial.

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di Liputan6.com dengan judul "Mencuci Piring Saat Badai Petir Berbahaya, Ini Alasannya"

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...