Saat Fokus, Seseorang Bisa ‘Tuli Sementara’

Saat Fokus, Seseorang Bisa ‘Tuli Sementara’

WinNetNews.com – Terkadang ketika kita berkonsentrasi, suara keras pun tidak terdengar bahkan tidak kita hiraukan. Hal itu memang lumrah terjadi karena ketika fokus pada satu hal, seseorang bisa mengalami 'tuli sementara'.

Peneliti di University College London menemukan bahwa orang yang sedang berkonstrasi dengan pekerjaannya mengalami tuli sementara. Untuk studi ini, peneliti merekrut 14 orang yang akan dilihat reaksinya selama eksperimen berlangsung.

Aktivitas otak peserta dimonitor selama melakukan serangkaian tugas yang makin lama, kesulitannya meningkat. Kemudian, peneliti memutar musik melalui headphone. Awalnya, tim peneliti yang diketuai Prof Nilli Lavie ini mengira peserta mengabaikan suara musik yang diputar karena mereka ingin fokus dengan pekerjaannya. Tapi ternyata, peserta benar-benar tidak mendengar suara itu.

"Kami menyimpulkan bahwa selama melakukan tugas yang sulit, respons otak terhadap suara berkurang secara signifikan. Sebab, saat peserta melakukan tugas yang lebih mudah kami bisa melihat ada sinyal di otak peserta yang menunjukkan mereka bisa mendengar musik," tutur Lavie,

Sebaliknya, ketika tugas yang dilakukan sulit, sinyal pada otak bahwa peserta mendengar suara melemah di korteks pendengaran. Para peneliti menjelaskan, ketika seseorang sibuk dengan sesuatu, otak akan memilih antara penglihatan dan pendengaran yang berkaitan dengan area di otak yakni korteks asosiasi.

Dikatakan Whybrow, ia banyak mendegar laporan seseorang gagal mendengar suara ketika mereka tengah berkonsentrasi. Hal itu dikarenakan sinyal otak yang berhubungan dengan pendengaran berkurang karena otak lebih fokus pada kegiatan visual.