Saat Lapar Semua Makanan Terlihat Enak, Ini Penjelasannya

Rusmanto
Rusmanto

Saat Lapar Semua Makanan Terlihat Enak, Ini Penjelasannya ilustrasi
Winnetnews.com -  Meskipun kita memiliki hobi makan, dalam realitanya kita memiliki selera tersendiri soal makanan apa yang paling enak atau makanan yang kurang nikmat. Hanya saja, saat kita berada dalam kondisi sangat lapar, makanan apapun akan terasa enak meskipun kita sebelumnya tidak menyukainya. Apa yang menyebabkan hal ini?

Makanan Terasa Enak Saat Lapar

Sebuah penelitian yang dilakukan di National Institute for Psychological Sciences, Okazaki, Jepang mengungkap fakta tentang rasa makanan yang terasa jauh lebih nikmat jika dikonsumsi saat perut sedang dalam kondisi lapar. Hal ini terkait dengan adanya sirkuit di dalam otak bernama neural yang ada di bagian hypothalamus.

Sirkuit ini sebenarnya memiliki peran dalam membuat kita ingin mengonsumsi makanan atau minuman manis dan memberikan sinyal saat makanan terasa kurang enak. Hal ini berarti, sirkuit ini mengendalikan selera makan kita.

Penelitian yang dilakukan dengan melibatkan tikus percobaan ini menghasilkan fakta bahwa tikus-tikus lebih suka mengonsumsi makanan manis dibandingkan dengan yang memiliki rasa asam atau pahit. Hanya saja, saat tikus-tikus ini diberi makan saat kondisinya benar-benar lapar, ketidaksukaan pada makanan dengan rasa asam dan pahit cenderung menurun.

Para peneliti menyebut lapar bisa membuat preferensi rasa berubah sehingga membuat para tikus-tikus ini seperti tidak keberatan mengonsumsi makanan-makanan yang sebelumnya tidak mereka sukai.

Penelitian pun kemudian dilanjutkan dengan melibatkan manusia. Para peneliti mengecek sirkuit neural bernama agouti-related peptide atau AgRP. Sirkuit ini termasuk dalam sel saraf di bagian hipotalamus otak yang akan aktif saat sedang lapar. Hasilnya adalah, saat lapar, kita cenderung tidak begitu mempermasalahkan rasa dan bisa mengonsumsi makanan dengan rasa pahit atau asam dengan lahap.

Apa Reaksi Kamu?