Saat Mudik, Ini 7 Tips Selalu Bugar Bebas Penyakit

Muchdi
Muchdi

Saat Mudik, Ini 7 Tips Selalu Bugar Bebas Penyakit ilustrasi

WinNetNews.com - Menjaga kesehatan saat mudik adalah kunci utama di dalam perjalanan. Seringkali perjalanan mudik yang melelahkan membuat kita merasa stres terlebih jika kemacetan melanda, akibatnya tubuh akan menjadi mudah lelah dan bisa menimbulkan penyakit.

"Kemacetan itu bisa membuat seseorang menjadi stres, kalau sudah stres tubuh akan menjadi mudah lelah dan itu bisa saja menimbulkan penyakit," ujar praktisi kesehatan dari RS Cipto Mangunkusumo, Dr dr Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH.seperti dikutip dari situs detikhealth,Jakarta, Kamis (14/6/2018). Berikut adalah 7 tips menghindari penyakit saat mudik:

1. Istirahat cukup sebelum berangkat terutama bagi pemudik yang menggunakan jalur darat, karena mengingat waktu sampai ketempat tujuan tidak bisa diprediksi.

2. Bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya ada beberapa anggota keluarga yang siap membawa kendaraan secara bergantian.

3. Manfaatkan tempat istirahat untuk melakukan olahraga kecil dan bisa melakukan gerakan relaksasi khususnya kaki, tangan dan leher karena duduk dalam jangka waktu yang lama bisa membuat sirkulasi darah tidak lancar.

4. Manfaatkan juga tempat istirahat untuk bisa buang air kecil, menahan kencing bisa berakibat pada infeksi saluran kencing.

5. Jangan membeli makanan dan minuman di pinggir jalan mengingat kualitasnya belum tentu terjaga dengan baik terlebih jika selalu terpapar dengan matahari.

6. Bagi para pemudik yang akan membawa makanan untuk bekal selama perjalanan usahakan membawa makanan ringan atau snack (buah sangat dianjurkan). Jika ingin membawa makanan basah atau nasi beserta lauk-pauk, jangan dikonsumsi lebih dari 6-8 jam setelah pembuatan.

7. Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi dan obat-obatan sederhana seperti obat anti diare, sakit kepala, anti alergi, maag danobat anti mual-muntah khususnya untuk mencegah mabuk selama perjalanan.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});