Saat Tidak Ada Kurma, 7 Buah Ini Cocok Dijadikan Menu Buka Puasa Loh
Buah-buahan yang sehat untuk berbuka puasa ( Photo Shutterstock )

Saat Tidak Ada Kurma, 7 Buah Ini Cocok Dijadikan Menu Buka Puasa Loh

Sabtu, 16 Mei 2020 | 16:22 | Muchdi

Winnetnews.com -  Menjalani puasa di bulan Ramadan tentu saja menjadi salah satu ibadah yang sangat dinantikan oleh umat muslim. Meski pada bulan Ramadan, umat muslim berlomba-lomba untuk mendapatkan ibadah dengan memperbanyak amalan. Akan tetapi masyarakat juga dianjurkan untuk senantiasa menjaga kondisi kesehatan tubuh.

Pasalnya, selama menjalani puasa di bulan Ramadan masyarakat pun kerap kali kurang menjaga asupan makanan bernutrisi yang masuk dalam tubuh. Tak hanya itu saja, masalah dehidrasi atau kurangnya cairan tubuh sering kali dialami oleh banyak orang.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu pun harus memastikan minum air putih yang cukup. Mulai dari saat sahur, berbuka puasa hingga selepas salat tarawih dan sebelum tidur. Tak hanya dari air putih saja, akan tetapi carian tubuh juga bisa kamu dapatkan dari berbagai buah-buahan.

Salah satu buah yang dijadikan sebagai menu wajiib berbuka puasa selama Ramadan ialah buah kurma. Hal ini dikarenakan kurma mengandung glukosa yang cukup tinggi dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh selepas menjalani ibadah puasa. Namun, tak hanya kurma saja yang bisa dijadikan sebagai menu buka puasa. Beberapa buah lainnya juga memilki manfaat dan baik dikonsumsi saat berbuka puasa.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (19/4/2020) berikut ini beberapa macam buah yang cocok dijadikan menu buka puasa sebagai alternatif pengganti kurma.

1. Semangka

Semangka menjadi salah satu buah yang cocok dikonsumsi saat berbuka puasa. Kadar air yang cukup banyak pada buah ini mampu mengurangi dehidrasi pada tubuh. Selain itu, kadar glukosa yang ada pada semangka juga bisa menjadi sumber energi. Pada semangka sendiri terdapat kandungan lycopene yang cukup tinggi. Kandungan ini lah yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga energi pada tubuh saat berpuasa.

2. Pisang

Tak hanya bisa membuat kenyang, akan tetapi buah pisang yang mengandung vitamin A, B1, B2 dan C ini mampu mengatasi asam lambung. Daging pisang yang lembut mampu melapisi dinding lambung dan mengurangi asam lambung. Buah ini pun sangat cocok untuk dikonsumsi saat berbuka puasa bagi para penderita maag. Tak hanya itu saja, buah pisang juga memiliki kandungan air yang cukup untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

3. Apel

Buah Apel juga menjadi salah satu buah yang cocok dikonsumsi saat berbuka puasa. Pasalnya, dalam buah apel ini kaya akan kandungan vitamin A, B dan C yang dibutuhkan oleh tubuh. Tak hanya itu saja, akan tetepi buah ini juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Mengonsumsi apel bisa membantu kamu mengatasi nafsu makan yang cukup besar saat berbuka puasa. Tak hanya baik dikonsumsi saat berbuka saja, akan tetapi kamu juga bisa mengonsumsi apel ini saat sahur untuk membuat dirimu merasa kenyang lebih lama.

4. Blewah

Pada saat berbuka puasa, salah satu minuman yang bisa dengan mudah ditemukan ialah Es Blewah. Rupanya, buah blewah memiliki banyak manfaat dan baik dikonsumsi saat berbuka puasa. Blewah sendiri memiliki kandungan air yang cukup banyak, sehingga buah satu ini bisa membantu kamu mengembalikan cairan tubuh yang telah hilang.

Tak hanya itu saja, mengonsumsi blewah juga mampu membantu tubuh menyerap zat-zat yang tak diperlukan dari makanan berbumpu bahkan endapan obat-obatan. Buah blewah juga sangat baik dikonsumsi bagi para penderita penyakit maag. Hal ini dikarenakan buah ini mampu mengatasi mual akibat naiknya asam lambung.

5. Melon

Buah melon merupakan salah satu buah yang rendah kalori. Meski rendah kalori, akan tetapi kandungan air pada buah satu ini cukup banyak dan dapat membuat tubuh kamu kembali terhidrasi. Buah melon kaya akan serat, kalium, serta antioksidan. Bahkan, kandungan vitamin C serta beta-karoten dan lysopene pada melon cukup tinggi.

6. Alpukat

Selain kurma, buah alpukat juga bisa dikonsumsi saat berbuka puasa. Kandungan lemak nabati pada daging buah alpukat ini mampu mengembalikan energi tubuh setelah berpuasa.

Tak hanya tinggi lemak nabati saja, akan tetapi zat besi serta vitamin B yang ada pada alpukat juga cukup tinggi. Mengonsumsi buah alpukat saat berbuka puasa mampu membantu menurunkan kolesterol dalam darah serta menjaga berat badan.

7. Markisa

Satu buah markisa kaya akan serat, vitamin C, A, zat besi serta kalium. Buah ini pun cocok dikonsumsi saat berbuka puasa. Tak hanya itu saja, buah markisa pun memiliki kandungan air cukup banyak sehingga mampu meningkatkan kadar cairan dalam tubuh.

Buah kaya manfaat ini juga bisa membantu memperlambat pencernaan, sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama. Biasanya buah ini digunakan sebagai salah satu bahan dalam es buah ataupun topping pada sebuah minuman saat berbuka puasa.

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di Liputan6.com dengan judul "Selain Kurma, 7 Buah Ini Cocok Dijadikan Menu Buka Puasa"

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...