Saatnya Seluruh Elemen Bersatu Selesaikan Masalah Kebakaran Hutan

Saatnya Seluruh Elemen Bersatu Selesaikan Masalah Kebakaran Hutan

WinNetNews.com - Area hutan dan lahan yang terbakar di Indonesia semakin meluas. Presiden Joko Widodo mengatakan, saatnya seluruh elemen baik pemerintah pusat dan daerah bersatu untuk selesaikan masalah ini.

"Saatnya kita sekarang ini, baik masyarakat, pemerintah kabupaten, kota, provinsi, pusat seluruh organisasi bersama-sama menyelesaikan masalah ini. Karena pada posisi yang terbakar sangat luas," ujar Jokowi saat ditemui usai menonton pertandingan final Piala Presiden di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Minggu (18/10/2015)

Selain itu, Jokowi juga meminta agar aparat penegak hukum dan Badan Intelijen Negara (BIN) mewaspadai hal ini agar tidak dimanfaatkan oknum untuk membuat situas tak kondusif.

"Meminta Panglima TNI, Kapolri, BIN, untuk waspadai adanya situasi yang ingin memanfaatkan ini untuk timbulkan keresahan," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, area hutan dan lahan yang terbakar kini semakin meluas. Jumlah titik api pun naik-turun.

"Saya kira kita tahu semuanya bahwa area kebakaran ini meluas di luar kondisi yang normal. Baik pertama karena El Nino dan sebab-sebab yang lain. Dan jumlah titik apinya sudah naik dan turun terus, karena ini dalam jumlah yang sangat luas. Sore ini di seluruh Indonesia ada 942 titik api," kata Jokowi.