(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Saber Pungli OTT Oknum Polres

Karna H.
Karna H.

Saber Pungli OTT Oknum Polres Saber Pungli Polda Sulteng saat ungkap oknum Polres terkena OTT/Dokumentasi Polda Sulteng

WinNetNews.com - Salah satu oknum personel Polres Sigi, Sulawesi Tengah berinisial Brigpol SB, tertangkap tangan dalam operasi tangkap tangan (OTT) tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) UPP Provinsi Sulteng bersama tim dari Bidang Profesi dan Pengamanan (Bid Propam) Polda Sulteng, Selasa (03/10/2017) siang, di salah satu bengkel mobil yang berlokasi di Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Talise Valangguni, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu.

Penangkapan tersebut berawal dari laporan salah satu warga yang berinisial AW, yang melaporkan pungli tersebut ke Posko Satgas Saber Pungli UPP Provinsi Sulteng di Polda Sulteng.

Brigpol SB diketahui meminta sejumlah uang untuk mengeluarkan adik AW dari tahanan yang berinisial E, terkait dengan kasus tindak pidana pencurian kendaraan roda empat yang ditangani Dit Reskrimum Polda Sulteng.

Irwasda Polda Sulteng, Kombes Pol Aries Syarief Hidayat, selaku Ketua Satgas Saber Pungli UPP Provinsi Sulteng mengatakan, dalam laporannya, AW pada awalnya dimintai uang sejumlah Rp 15.000.000 oleh Brigpol SB, tapi AW tidak menyanggupi permintaan itu sehingga Brigpol SB hanya menyuruh AW untuk menyiapkan uang sejumlah Rp 5.000.000, dan uang tersebut akan diberikan kepada penyidik Dit Reskrimum Polda Sulteng yang menangani kasus adik AW, agar dapat dibebaskan dari tahanan.

“Atas laporan tersebut, tim Satgas Saber Pungli UPP Prov Sulteng yang berjumlah 4 personil yang dipimpin langsung oleh Kasubbid Provost Bid Propam Polda Sulteng, Kompol Abd Rahman mendatangi TKP dan langsung melakukan pengintaian,” ujar Irwasda Polda Sulteng seperti dikutip dari keterangan resmi, Senin (09/10/2017).

Tak lama kemudian, setelah melakukan pengintaian tim melakukan penggrebekan didalam lokasi bengkel mobil tersebut, dan menemukan Brigpol SB sedang menerima uang dari AW.

Brigpol SB pun langsung ditangkap beserta dengan barang bukti berupa uang tunai sejumlah Rp. 5.000.000,- ( Lima Juta Rupiah ). Setelah ditangkap, Brigpol SB langsung diamankan dan dibawa ke Mapolda Sulteng untuk dimintai keterangan dan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.

Atas perbuatannya tersebut, Brigpol SB dikenakan pasal 5 huruf a dan pasal 6 huruf w PP RI No. 2 Tahun 2003 tentang pelanggaran disiplin personel Polri.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});