Saham Makin Anjlok, YG Entertainment Terpaksa Kembalikan Dana Investasi Ratusan Miliar kepada Louis Vuitton

Nisa Diniah
Nisa Diniah

Saham Makin Anjlok, YG Entertainment Terpaksa Kembalikan Dana Investasi Ratusan Miliar kepada Louis Vuitton Foto: Pinterest

Winnetnews.com - Tahun 2019 menjadi tahun terberat untuk salah satu agensi hiburan terbesar Korea Selatan, YG Entertainment. Setelah skandal yang menimpa beberapa artis dan CEO-nya, kini agensi yang berdiri sejak tahun 1996 ini menghadapi kerugian.

YG Entertainment dikabarkan bersiap untuk mengembalikan dana investasi senilai KRW 67 miliar won (setara dengan Rp794 miliar) kepada Louis Vuitton Moet Hennessy (LVMH). Dikutip dari Daily Naver, menurut seorang pakar industri investasi keuangan pada hari Senin (16/9), "Klaim untuk pembayaran 61,25 miliar won yang diinvestasikan oleh perusahaan brand mewah Prancis Louis Vuitton Moet Hennessy (LVMH) dijadwalkan 16 Oktober."

Pada saat investasi pada Oktober 2014, LVMH memilih untuk mengubah saham preferen yang bisa ditukar menjadi saham biasa dengan harga 43.574 per saham atau untuk membayar sekitar 67 miliar won setelah 5 tahun ditambah bunga 2%.

Karena harga saham YG terus anjlok hingga setengah levelnya dalam lima tahun, YG diperkirakan akan mengalami kerugian yang signifikan untuk mengkonversi saham. Pada akhir Juni, YG memiliki sekitar 46,6 miliar won dalam bentuk tunai dan setara kas dan 16 miliar won dalam aset keuangan jangka pendek.

Sangat mungkin bahwa perusahaan akan menghadapi kekurangan uang tunai saat mereka bersiap untuk mengembalikan dana. Yu Sung Man, seorang peneliti di Hyundai Motor Securities mengungkapkan, "Kemampuan YG untuk menghasilkan uang tunai melalui penjualan telah melemah secara signifikan dan likuiditas kasnya telah memburuk."

Tampaknya kekhawatiran investor terhadap YG bisa semakin meningkat jika aset tunai perusahaan berkurang secara signifikan karena pembayaran kembali kepada Louis Vuitton.

Sementara itu, Yang Hyun Suk dan Seungri eks BIGBANG akan dipanggil oleh polisi dalam waktu dekat untuk menjalani penyelidikan lebih lanjut atas dugaan perjudian dan "hwanchigi" di luar negeri. Polisi juga telah mengumumkan bahwa mereka akan memanggil mantan member iKON, B.I minggu ini untuk menyelidiki dugaan pembelian narkoba.

Apa Reaksi Kamu?