Sahur Praktis ala Anak Kost
ilustrasi

Sahur Praktis ala Anak Kost

Sabtu, 16 Mei 2020 | 03:51 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Menjalani sahur selama bulan puasa tentu menjadi tantangan tersendiri bagi anak kos. Anda tidak hanya dituntut bisa bangun tidur sendiri, tapi juga menyiapkan makanan secara mandiri. Mengingat waktu yang sempit dan terbatasnya budget, alhasil anak kos sering terpaksa membuat makanan sahur dengan menu seadanya.

Lalu, menu sahur seperti apa yang sebaiknya dikonsumsi oleh anak kos?

Ragam menu sahur sehat untuk anak kos

image0

Jika bosan dengan nasi goreng, ayam goreng, dan mi instan, sudah saatnya Anda mengganti menu sahur dengan yang baru. Berikut sederet pilihan menu sahur praktis, ekonomis, dan menyehatkan yang bisa Anda coba.

1. Nasi dan telur

Walaupun sangat simpel, menu populer ini tidak boleh dianggap remeh. Nasi memberi tubuh Anda energi dari karbohidrat. Sementara itu, telur kaya akan protein dan lemak sehat yang akan diubah menjadi cadangan energi ketika karbohidrat sudah menipis.

Telur juga termasuk bahan yang gampang diolah. Anda bisa memasak telur menjadi telur mata sapi, telur orak-arik, atau omelet dengan tambahan keju dan cacahan sayur untuk menambah nilai nutrisinya.

2. Sereal dan susu

Sereal bisa menjadi menu sahur darurat untuk anak kos yang telat bangun pagi. Cukup campurkan sereal dengan segelas susu hangat, dan menu sahur Anda siap disantap. Meski sederhana, menu satu ini dapat memberikan tubuh Anda energi dan serat.

Namun, perlu diingat bahwa kebanyakan produk sereal mengandung banyak gula. Jadi, pilihlah sereal dengan kandungan gula per sajian kurang dari lima gram dan serat lebih dari tiga gram. Batasi porsinya dan jangan mengonsumsinya setiap hari.

3. Sup sayuran

Sup sayuran adalah menu sahur ideal untuk anak kos yang ingin makan lebih banyak serat. Menu ini juga mengandung banyak vitamin, mineral, serta cairan yang akan mencegah Anda terkena dehidrasi saat berpuasa.

Sebelum tidur, masaklah kaldu, aneka sayuran favorit Anda, dan bumbu-bumbu untuk menambah cita rasa. Anda juga bisa menambahkan potongan ayam, daging sapi, telur puyuh, atau makanan hewani lainnya untuk mendapat asupan energi dari protein.

4. Capcay

Seperti sup sayuran, capcay juga kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Asupan serat penting karena bisa memberikan rasa kenyang lebih lama, membantu mengontrol gula darah, dan mencegah sembelit selama berpuasa.

Capcay juga merupakan alternatif untuk Anda yang menyukai masakan gurih, tapi ingin mengurangi konsumsi minyak. Agar olahan satu ini lebih menyehatkan lagi, Anda dapat mengganti minyak sayur dengan minyak kedelai, minyak jagung, atau cooking spray.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...