Said Didu Pertanyakan Alasan Vaksin China Dibawa ke Indonesia untuk Uji Coba Massal
Said Didu. (Foto: Detikcom)

Said Didu Pertanyakan Alasan Vaksin China Dibawa ke Indonesia untuk Uji Coba Massal

Selasa, 21 Jul 2020 | 13:45 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Vaksin virus corona (Covid-19) kerja sama dengan perusahaan asal China, Sinovac telah tiba di Indonesia. 

Vaksin tersebut kini memasuki uji klini tahap ketiga yang akan dilakukan oleh PT Bio Farma, Universitas Padjadjaran, dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes). Vaksin kerja sama ini ditargetkan siap edar pada  kuartal pertama 2021.

Terkait hal itu, Mantan Sekretaris Kementerian BUMN Said Didu menyampaikan sejumlah kritikannya. Dia mempertanyakan mengapa uji coba tahap III vaksin tersebut tidak diselesaikan di negara asalnya, yakni China.

“Kenapa tahap I dan II diuji coba di China dan tahap III yang massal dibawa ke Indonesia untuk diujicoba oleh rakyat Indonesia. Semoga ada yang bisa jelaskan,” kata dia dalam kun Twitter pribadi, Selasa (22/7).

Hal senada juga disampaikan Anggota Ombudsman RI, Alvin Lie.

Alvin mempertanyakan soal uji klinis dari China dan sertifikasi dari vaksin yang saat ini telah diserahkan Kemlu ke PT Bio Farma itu.

“Apakah vaksin ini sudah lolos uji klinis negaranya dan mendapat sertifikasi?” kata Alvin dalam akun Twitter pribadi Senin (20/7).

Dia juga kemudian menegaskan pentingnya hal tersebut untuk diketahui publik adalah untuk kepentingan masyarakat Indonesia yang nantinya akan menggunakan vaksin itu.

“Jangan sampai WNRI jadi kelinci percobaan,” tegasnya

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...