Sakit Gigi! Ini Loh 4 Cara Untuk Meredakannya
ilustrasi

Sakit Gigi! Ini Loh 4 Cara Untuk Meredakannya

Sabtu, 28 Apr 2018 | 10:22 | Muchdi

WinNetNews.com - Cenat cenut karena sakit gigi rasanya mengganggu ya? Kamu jadi tidak bisa fokus bekerja, mau makan makanan enak pun jadi terasa hambar.

Kalau kamu atau orang terkasih sedang mengalaminya, yuk coba beberapa bahan alami dan cara sederhana berikut ini yang bisa kamu gunakan untuk meredakan nyerinya.

Seperti dikutip dari detikhealth dari laman Reader's Digest, Sabtu (28/4/2018), berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu terapkan. Ingat, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan mulut biar rasa sakitnya enggak kembali lagi.

1. Gunakan es batu

image0

    Foto: Thinkstock

Cenat cenut tidak mau pergi juga? Jika kamu punya gigi yang tidak sensitif, menempelkan es batu pada area gigi yang sakit disebut bisa membantu meredakan nyeri sembari kamu menunggu waktu untuk berkonsultasi pada dokter.

Tempatkan es batu kecil dalam kantong plastik, bungkus kain tipis, kemudian oleskan ke gigi yang sakit selama sekitar 15 menit untuk mematikan saraf.

Kamu juga bisa menempelkan es yang telah dibalut kain ke pipi, tepat di atas gigi yang terasa sakit.

2. Minum teh

image1

 Foto: Thinkstock

Teh seperti teh peppermint memiliki rasa yang enak dan ternyata dapat membantumu meredakan rasa sakit gigi.

Setelah teh mulai mendingin, kumurkan pada gigi kemudian buang. Atau, kamu juga bisa meminumnya selagi hangat.

Tanin, zat dalam teh yang kuat dapat membantu meredakan nyeri dengan mengurangi pembengkakan.

Jadi, minum teh saat sakit gigi nampaknya bisa jadi cara membantu meredakan nyeri. Tapi ingat, tidak perlu menggunakan tambahan gula ya.

3. Pijat pijat!

image2

   Foto: Aisyah/detikHealth

Sudah minum obat tapi tidak merasa lebih baik juga? Pijat bisa membantu meredakan rasa sakit, dengan menekan jempol pada tanganmu yang satunya bisa membantu membuatmu merasa lebih relaks.

Pijat dapat memicu keluarnya hormon endorfin yang membuat otak merasa lebih baik.

Kalau sudah merasa lebih baik, rasa nyeri yang kamu rasakan pada gigi bisa perlahan membaik juga.

4. Kumur air garam

image3

 Foto: Thinkstock

Satu sendok teh garam yang dilarutkan dalam secangkir air hangat bisa membantu membersihkan kotoran, berperan sebagai disinfektan, dan membantu mengurangi pembengkakan. Kumur sekitar 30 detik sebelum meludahkannya.

Tapi, dr David Perr dikutip detikhealth dari laman Today's Dentistry menganjurkan untuk tidak sering-sering berkumur menggunakan air garam.

"Air garam bersifat asam, sehingga malah menimbulkan masalah bila menggunakan setiap hari karena mengikis gigi," katanya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...