Sakit Kepala Karena Menatap Layar Komputer? Ini Solusinya
ilustrasi

Sakit Kepala Karena Menatap Layar Komputer? Ini Solusinya

Rabu, 17 Jul 2019 | 07:59 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Selain ponsel, layar komputer atau laptop juga menjadi alat elektronik yang sehari-hari digunakan saat bekerja. Namun, tahukah Anda bahwa melihat layar komputer terlalu lama dapat menyebabkan sakit kepala?

Kondisi ini tentu bisa menghambat aktivitas dan pekerjaan Anda. Untuk itu, agar pekerjaan dan kegiatan dapat berjalan lancar, Anda perlu mengatasi rasa sakit ini. Sebenarnya, bagaimana bisa menatap layar komputer terus-terusan bikin sakit kepala? Bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab sakit kepala akibat terlalu lama menatap layar komputer 

image0

Di dalam dunia kesehatan, terdapat istilah CVS atau Computer Vision Syndrome alias sindrom penglihatan komputer. Sindrom yang berkaitan dengan komputer ini dapat memengaruhi kesehatan mata dan area leher hingga kepala Anda. 

Oleh karena itu, tidak jarang orang yang terlalu lama melihat layar komputer mengeluhkan sakit kepala dan memiliki masalah penglihatan. Kondisi ini disebabkan oleh fokus dan gerak mata yang hanya tertuju pada satu arah dalam waktu yang lama. 

Semakin lama Anda memerhatikan satu titik, semakin berat pula dampak yang ditimbulkan.

Pada tahun 2014 dilakukan sebuah penelitian yang melibatkan 500 mahasiswa dari Uni Emirat Arab. Di dalam penelitian tersebut ditemukan hampir separuh mahasiswa memiliki gangguan penglihatan dan kesehatan lainnya. 

Mulai dari sakit kepala hingga mata kering dan lelah mereka keluhkan. Hal tersebut ternyata disebabkan oleh jarak pandang dan durasi penggunaan komputer tanpa istirahat yang mereka lakukan selama mengikuti perkuliahan atau sehari-hari.

Walaupun mungkin tidak memberikan efek jangka panjang, sakit kepala karena melihat layar komputer terlalu lama dapat menghambat aktivitas.

Itu sebabnya, penting bagi Anda mengetahui cara mengatasi sakit kepala akibat menatap layar terlalu lama. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...