Sakit Perut Usai Makan Pedas? Coba Atasi dengan Cara Ini
ilustrasi

Sakit Perut Usai Makan Pedas? Coba Atasi dengan Cara Ini

Rabu, 10 Jul 2019 | 08:29 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Konsumsi makanan pedas bagi sebagian orang dapat menimbulkan rasa sakit dan sensasi melilit pada perut. Untungnya, ada beberapa cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi perut sakit setelah makan pedas.

Cara mengatasi perut sakit setelah makan pedas

Rasa sakit pada perut setelah makan pedas dipicu oleh senyawa kimia yang disebut capsaicin. Molekul senyawa ini berikatan dengan reseptor saraf yang menghantarkan sinyal nyeri menuju otak.

Untuk mencegah iritasi akibat capsaicin, dinding lambung memproduksi lendir khusus. Jika terlalu banyak atau terlalu sering makan pedas, paparan capsaicin akan membuat lendir khusus itu tak terlalu ampuh melindungi sehingga menimbulkan rasa sakit pada perut Anda.

Beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi perut sakit setelah makan pedas antara lain:

1. Minum air rebusan jahe

Jahe telah lama dikenal sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah perut. Senyawa antiradang pada jahe diyakini dapat meringankan keluhan sakit perut, perut kembung, diare, mual dan muntah, hingga irritable bowel syndrome (IBS).

Bahan pangan ini dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk. Anda bisa mencampurnya dengan teh, mengonsumsinya dalam bentuk suplemen, atau mengolahnya dengan cara yang paling sederhana, yakni direbus.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...