Sakit Tenggorokan? Bisa Diatasi Loh dengan 3 Cara Mudah Ini

Sakit Tenggorokan?  Bisa Diatasi Loh dengan 3 Cara Mudah Iniilustrasi Sakit Tenggorokan (Foto-shutterstock)

WinNetNews.com - Sakit tenggorokan menjadi salah satu penyakit yang sering menyerang seseorang tanpa kenal usia dan jenis kelamin. Biasanya sakit tenggorakan menyerang ketika musim hujan maupun pancaroba.

Walaupun terkesan penyakit sepele, sakit tenggorokan juga bisa menganggu aktivitas sehari-hari karena memberikan rasa tidak nyaman ketika beraktivitas.

Medical Manager PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi, menjelaskan gangguan tenggorokan ditandai dengan adanya kemerahan, bengkak, dan nyeri pada sekitar tenggorokan. Tak jarang sakit tenggorokan juga disertai dengan demam.

"Hal ini tentu saja sangat mengganggu karena akan menyebabkan rasa sakit dan kesulitan menelan sehingga mengganggu aktivitas penderitanya," jelas dr. Helmin saat dihubungi, seperti dikutip dari situs  detikHealth, Jakarta, ditulis Minggu (16/9/2018).

Gangguan pada tenggorokan, lanjut dr. Helmin, sebenarnya bisa diobati dengan tiga cara mudah. Berikut tips mengobati gangguan pada tenggorokan dengan mudah.

1. Berkumur dengan Air Garam

Air garam dapat membantu menurunkan jumlah kuman penyebab sakit tenggorokan. Bahkandengan takaran yang tepat, juga dapat menjaga kesehatan rongga mulut dan mencegah pembentukan plak gigi maupun timbulnya penyakit di rongga mulut.

2. Minum Air Hangat Campuran Lemon dan Madu

Air hangat akan membantu mengalihkan sensasi nyeri di tenggorokan. Sementara madu dipercaya mengandung antiseptik alami yang dapat membantu mengatasi kuman penyebab radang tenggorokan dan kaya akan nutrisi sehingga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Konsumsi Permen Mint

Mengonsumsi perment mint seperti Woods' Lozenges bisa memberikan sensasi melegakan tenggorokan dan sensasi menyegarkan pernafasan. Permen ini mengandung peppermint dan menthol yang alami sehingga bisa bekerja secara sinergis untuk melegakan dan membunuh kuman di tenggorokan.