Saksi Ahli Ungkap Fakta Sebenarnya soal Kesalahan Situng KPU

Daniel
Daniel

Saksi Ahli Ungkap Fakta Sebenarnya soal Kesalahan Situng KPU Ilustrasi

Winnetnews.com - Sidang lanjutan sengketa pilpres 2019 kembali digelar siang ini, Kamis (20/6). Saksi ahli yang dihadirkan di ruang sidang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Marsudi Wahyu Kisworo, menjelaskan soal sistem perhitungan suara (situng) KPU.

Menurut Marsudi jika terjadi sebuah kesalahan pada sistem perhitungan suara KPU, maka itu akan berdampak pada jumlah suara kedua pasangan. Dengan kata lain, kedua pihak sama-sama terdampak oleh kesalahan sistem situng KPU.

“Pengurangan atau penambahan suara terjadi pada dua pasangan. Tidak hanya satu pasangan. Dua-duanya ada yang diuntungkan, dan dua-duanya ada yang dirugikan,” jelas Marsudi di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis (20/6).

Marsudi sendiri merupakan salah satu orang yang ikut dalam perancangan sistem perhitungan suara atau situng KPU pada 2003. Pada kesempatan tersebut, Marsudi juga menunjukkan tabel yang menunjukkan kesalahan perhitungan suara terjadi baik di paslon nomor urut 01 maupun paslon nomor urut 02.

“Ya kalau melihat data ini, tidak ada (yang merugikan salah satu pihak). Karena polanya acak, di mana paslon 01 menang banyak juga suara yang berkurang. Ini kesalahan manusia, manusiawi, biasa saja,” tambah Marsudi.

Apa Reaksi Kamu?